Bec News BEC BSI

Tips Menjadi Wirausaha Kreatif Agar Ekonomi Bisa Bangkit

Terbit : 2024-02-07 | Jam : 15:16:05 WIB | Dibaca : 229 kali.

 

Jakarta – Universitas Bina Sarana Informatika melalui BEC (BSI Entrepreneur Center) membagikan beberapa cara bagaimana menjadi pengusaha yang kreatif agar dapat menciptakan ekonomi bangkit, untuk menjadi wirausaha kreatif anda harus memahami sebuah framework wiramuda, framework wiramuda adalah bagaimana anda membangun sebuah pola berfikir, pola kerja atau pola kehidupan dari seorang wiramuda, dimana framework tersebut terdiri dari beberapa poin, berikut poin-poinnya:

  1. Ide Bisnis Saat Ini

Bagaimana anda bisa memanfaatkan ide agar ide tersebut dapat menjadi uang, ketika kita punya ide bisnis saat ini, maka jangan langsung bertindak, melainkan harus menyusun visi misi nya dahulu.

  1. Visi & Misi

Visi adalah goal atau tujuan yang akan anda targetkan jangka panjang dan jangka pendek, dari visi tersebut anda dapat menyusun misi-misi kecil yang akan membuat anda mampu menaiki tahap – tahapan berikutnya dalam framework  wiramuda.

  1. Bisnis Model/ Konsep Bisnis

Suatu model bisnis atau model niaga dalam Wikipedia menggambarkan pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai - baik itu ekonomi, sosial, ataupun bentuk-bentuk nilai lainnya. Dengan bisnis model anda bisa menjalankan bisnis, anda bisa menggunakan model bisnis yang berbentuk main frame atau bisa juga menggunakan bisnis model canvas.

  1. SWOT Bisnis

Selain model bisnis, anda juga wajib mengintegrasikan SWOT Bisnis, dalam artikel midtrans.com Analisa SWOT adalah singkatan yang berasal dari empat elemen dalam metode analisis ini, yakni Strength yang berarti kekuatan, Weakness yang berarti kelemahan, Opportunities yang berarti kesempatan, dan Threats yang berarti ancaman.

  1. Bisnis Plan

Rencana bisnis atau business plan adalah suatu dokumen tertulis, dibuat untuk memproyeksikan keseluruhan informasi mengenai bisnis yang dijalankan bisa berupa company profile ataupun proposal bisnis.

  1. Action Plan dan Time Line Bisnis

Action merupakan tindakan yang menunjukkan sebuah aktivitas, proses, atau kepemilikan. Anda harus menetukan bagaimana tindakan untuk menjalankan rencana bisnis anda dengan menjadikan time line sebagai patokan target waktu.

Image 06