Bec News BEC BSI

Pengusaha Muda Sukses "Aira Ketela Cript"

Terbit : 2016-11-14 | Jam : 08:26:22 WIB | Dibaca : 701 kali.

Bisnis Aira ketela cript

            Sri Rahayu (21), mahasiswa BSI Tasikmalaya semester 5 bersama kedua orang temannya Siti Aisyah dan Egief Fajri Ramdhani, ini patut diacungi jempol. Dari usahanya berdagang keripik singkong , ini dapat mengantongi omzet hingga Rp 5 juta per bulan.

            Pekerjaan yang dilakukan Sri dan kedua temannya ini adalah mengolah singkong menjadi kripik yang bercita rasa dengan berbagai varian rasa. Setidaknya ada enam rasa yang dibuat oleh mereka yang memulai usahanya sejak tahun tahun 2014 yaitu tepatnya  setelah mulai kegiatan akademik di binasarana informatika ini. Ada rasa pedas, original, baberqyu, keju, jagung manis, balado. Pemberian rasa dilakukan dengan cara , yaitu bumbu dicampur dengan kerupuk setelah keripik digoreng.

            Kerirpik yang selesai digoreng kemudian dikemas dalam plastik dengan berbagai varian harga. Setiap bungkus ada yang ia jual seharga 1.000, 5000 – 10000 dan ada juga yang ia jual kiloan.

            Pada awalnya Keripik yang sudah dikemas kemudian mereka jual di kampus ke kelas-kelas, tapi setelah beberapa bulan berjalan mereka mencoba memposting dengan menawarkan produknya di jejaring sosial dan tidak di sangka banyak yang tertarik dan mereka order.beberapa kota yang order produk aira cript ini adalah Batam, Jakarta, Bandung dan Bogor.

            Untuk lebih mengembangkan usahanya mereka mulai menambah metode atau sistem penjualan reseller, sehingga penjualannya lebih meluas dan mereka terapkan bagi hasil. Saat ini agen reseller nya sudah mencapai kurang lebih 10 orang agen reseller. Agen-agen resellernya tersebut ada yang berjualan di Unsil, LP3i dll.

            Memulai jenis usaha ini bukanlah hal yang mudah dilakukan pastinya banyak hambatan dan tantangan dalam perjalanannya. Awal mula tergagasnya usaha Aira Cript ini terinspirasi ketika Sri rahayu (sebagai penggagas pertama) sekolah di bangku SMK Singaparna ia bersama temannya juga dulu menjalani usaha ini dengan nama brandingnya yaitu Dira Cript. Dira cript ini sayangnya tidak bertahan lama dan terpaksa harus break terlebih dahulu dikarenakan Sri dan temannya setelah lulus terpisah dan memiliki jalan masing-masing dan kampus yang berbeda. Dari sinilah sri mempunyai ide untuk membangun usahanya kembali tentunya dengan teman yang berbeda dan branding yang berbeda dan terbentuklah Aira Cript yang berjalan hingga sekarang dengan mendulang kesuksesan yang luar biasa.

 

Image 06