Bec News BEC BSI

IC UBSI Sukses Mensosialisasikan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023

Terbit : 2023-03-15 | Jam : 03:11:12 WIB | Dibaca : 651 kali.

Jakarta - Incubator Center Universitas Bina Sarana Informatika (IC UBSI) Sukses Mensosialisasikan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023. P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW. Program ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek.

Adanya program P2MW 2023 ini bertujuan untuk membantu mahasiswa peserta P2MW 2023 dalam mengembangkan usahanya. IC UBSI melakukan sosialisasi P2MW 2023 pada Senin, (27/2/2023) pukul 10.00 WIB - 12.00 WIB secara daring melalui Zoom https://us02web.zoom.us/j/86176684976?pwd=dVdVUCtLdGZpRDZVU0E3Q3hoZ2o0UT09.

Fuad Nur Hasan, M.Kom selaku ketua IC UBSI sekaligus kepala BEC membuka acara P2MW 2023 dengan memperkenalkan terlebih dahulu apa itu IC UBSI dan BEC. Selanjutnya Fuad juga menjelaskan tujuan diadakannya sosialisasi P2MW 2023. “Tujuan dari adanya sosialisasi ini yaitu agar mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika siap untuk mengikuti program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023” Kata Fuad.

Kegiatan sosialisasi yang dibawakan oleh Nurmalasari, SE, MM selaku koordinator BEC Pontianak. dalam sosialisasinya, Nurmalasari menjelaskan terlebih dahulu apa yang di maksud dengan P2MW 2023, dilanjutkan dengan menjelaskan tujuan P2MW 2023, “adapun tujuan dan manfaat dari P2MW 2023 adalah untuk meningkatkan jumlah mahasiswa menjalankan wirausaha, penguatan pembinaan kewirausahaan di perguruan tinggi yang berprinsip pada pengembangan karakter inovatif, berdampak dan berkelanjutan, serta penguatan ekosistem kewirausahaan dengan melibatkan dunia usaha dunia industri (DUDI), komunitas, pemerintah maupun pemangku kepentingan lain” jelas Nurmalasari.

Selain itu Nurmalasari juga menjabarkan persyaratan khusus kelayakan perguruan tinggi untuk ikut serta dalam program tersebut. Nurmalasari juga menyebutkan syarat yang harus dimiliki oleh mahasiswa diantaranya, 

  1. Mahasiswa aktif jenjang Sarjana yang terdaftar di PDDIKTI maksimal semester 7 saat mengusulkan proposal;
  2. Setiap mahasiswa hanya boleh terdaftar dalam satu kelompok usaha dan tidak sedang mengikuti program flagship MBKM 20 sks;
  3. Setiap kelompok terdiri dari ketua dan anggota dengan jumlah 3-5 mahasiswa;
  4. Setiap kelompok terdiri dari ketua dan anggota dengan jumlah 3-5 mahasiswa;
  5. Setiap kelompok hanya boleh memilih satu tahapan usaha (tahap awal atau bertumbuh) dan satu kategori usaha (makanan minuman/budidaya/industri kreatif, Seni, Budaya, dan Pariwisata/Jasa dan perdagangan/manufaktur dan teknologi terapan/Bisnis Digital);
  6. Produk yang diusulkan merupakan produk yang dikembangkan oleh mahasiswa (bukan waralaba, reseller, titip jual, usaha keluarga/orang lain);
  7. Proposal usaha yang diusulkan tidak sedang menerima pendanaan sejenis dari sumber APBN.

Dalam sosialisasi tersebut, Nurmalasari juga menjabarkan timeline dan alur program, dari mulai registrasi, pengajuan, seleksi internal, seleksi eksternal hingga pendanaan. Adapun tanggal-tanggal penting yang harus diingat yaitu 20-21 Februari Sosialisasi Program, 2-4 Maret Workshop dan Bimbingan Teknis, 21 Maret (Pukul 23.59) Batas Akhir Pengusulan PT ke Direktorat Belmawa, Maret-April Seleksi di Direktorat Belmawa, Minggu ke-3 April Pengumuman Peserta, Mei – Oktober Pelaksanaan Program, Oktober Pelaporan Akhir, Oktober KMI Expo.

Fuad Nur Hasan, M.Kom selaku ketua IC UBSI sekaligus kepala BEC berharap dengan adanya sosialisasi itu, akan ada banyak mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika yang siap untuk ikut dan terpilih dalam program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023 tersebut.

Image 06