Bec News BEC BSI

Pentingnya Networking bagi Entrepreneur Muda

Terbit : 2022-06-08 | Jam : 03:13:12 WIB | Dibaca : 183 kali.

Jakarta – BSI Entrepreneur Center (BEC) beberapa waktu lalu memberikan materi yang berkaitan dengan pentingnya networking atau biasa disebut jaringan untuk seorang entrepreneur muda melalui event yang diadakan Universitas Bina Sarana Informatika April lalu.

Secara sederhana menurut https://www.ekrut.com, networking adalah tentang bagaimana memelihara dan membangun jaringan dalam waktu jangka panjang dan saling menguntungkan satu sama lain. Networking sendiri dianggap penting bagi perkembangan karier karena memiliki banyak manfaat.

Fuad Nur Hasan selaku kepala bagian BEC sekaligus Ketua Incubator Center UBSI membeberkan salah satu materi yang disajikan saat event seminar entrepreneurship yaitu tentang networking.

Menurut BEC, networking dibutuhkan oleh semua profesi, terutama seorang entrepreneur. Adapun beberapa manfaat jaringan adalah meningkatkan social capital, meningkat skill set dan general knowledge, menemukan kesempatan bisnis & market, meningkatkan brand awareness, menumbuhkan "self-confidence".

Networking tidak selalu harus bertemu dengan orang baru. Networking juga dapat dilakukan dengan memperkuat relasi yang sudah ada melalui friend-of-friend mindset.

Menentukan target networking dengan cara membangun aset di hidup anda dan bangun koneksi dengan orang yang dapat membantu dan dapat dibantu. Jangan tunggu orang lain yang menghampiri anda, mulailah dari di anda sendiri.

Mulai dengan memaksimalkan circle terdekat dan perkuat relasi yang sudah terjalin sebelum anda mengembangkan kuantitas networking anda. Dengan networking yang berkualiatas, kuantitas networking akan tumbuh secara organik.

Berikut beberapa tips membangun bisnis yang kuat yang dikutip dari https://www.jurnal.id/id/blog/tips-membangun-jaringan-bisnis-yang-kuat/ :

  1. Perbanyak Kenalan

Banyak pelaku bisnis sukses dalam membangun jaringan bisnis yang kuat yang berawal dari sebuah perkenalan. Mengikuti acara seminar, workshop atau berbagai acara lain di mana memberikan Anda peluang untuk bertemu banyak orang dari latar belakang yang berbeda merupakan kesempatan Anda untuk memperbanyak kenalan dan membuka jaringan baru untuk mengembangkan bisnis.

  1. Lakukan Duplikasi

Duplikasi adalah proses meniru langkah dan strategi orang-orang sukses yang berjaya pada bisnis yang sama untuk memperoleh jaringan bisnis dengan diiringi pengembangan keahlian dalam diri Anda.

  1. Tukar Kartu Nama

Meski terlihat sederhana, ternyata kartu nama memiliki peran penting ketika Anda ingin melakukan networking bisnis. Kartu nama merupakan alat penting yang menjadi identitas Anda untuk memperluas jaringan bisnis.

 

Saat berkenalan dengan rekan bisnis yang baru ditemui, jangan pernah lupa memberikan kartu nama. Kegiatan bertukar kartu nama walau nampak sederhana tetap akan memberikan dampak yang sangat besar. Kartu nama merupakan sumber informasi yang akan memudahkan orang lain untuk menghubungi Anda.

  1. Beri Dukungan Rekan Bisnis

Dalam bisnis, adakalanya Anda akan menemui beberapa masalah yang tidak bisa diselesaikan sendiri, begitu pula dengan rekan bisnis Anda. Jika Anda ingin membuat sebuah jaringan bisnis yang kuat, maka sediakan waktu untuk saling memberi dukungan pada partner Anda. Dengan saling membantu, secara otomatis Anda akan memperoleh kedekatan.

  1. Miliki Aktivitas Sharing

Saat menguasai suatu bidang, Anda dapat membaginya dengan yang lain karena sejatinya sharing atau berbagi tak akan pernah membuat Anda merugi. Anda dapat berbagi dalam sebuah workshop, forum yang sifatnya online, social media dan di mana pun tempat yang memungkinkan bagi Anda untuk berbagi dengan baik. Dengan begitu, Anda akan membangun networking bisnis dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan apa yang Anda bagikan.

  1. Gunakan Social Media

Saat ini, setiap orang terhubung lebih dekat melalui social media. Anda juga dapat menggunakan social media sebagai salah satu alat untuk memperoleh jaringan bisnis. Cobalah menjaring networking dengan orang-orang yang ada di luar lingkaran pertemanan, namun relevan dengan bisnis Anda. Misalnya jika Anda menjual produk dapur, Anda dapat mengikuti komunitas memasak atau komunitas ibu-ibu lainnya yang ada di social media. Selain Anda dapat menemukan insight baru mengenai bisnis, Anda juga dapat mengetahui apa saja yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan target audience Anda.

  1. Sikap Percaya Diri

Kurangnya kepercayaan diri dalam memulai sebuah komunikasi dapat menjadi penghalang untuk memperluas jaringan. Terlebih lagi, suatu hal sederhana yang paling sering dijumpai yaitu perasaan malu bertemu dengan seseorang yang berpotensi membantu bisnis. Maka dari itu, rasa malu pada diri sendiri perlu dikalahkan ketika berhadapan dengan orang lain.

Hal tersebut dapat diawali dengan bekerjasama dengan rekan sesama dan perlahan menaiki jenjang pada orang tingkat lebih tinggi. Setiap orang memiliki cara dan kelebihannya masing-masing dalam membangun rasa nyaman dalam sebuah perbincangan, sehingga hal tersebut yang sangat perlu dimunculkan.

  1. Ikuti Perkumpulan

Sebuah peluang akan lebih banyak didapatkan saat memutuskan untuk mengikuti suatu perkumpulan atau organisasi. Bergabung dalam komunitas maupun perkumpulan merupakan cara yang dinilai efektif untuk membangun jaringan bisnis. Melalui sebuah perkumpulan maupun forum bisnis, Anda akan memiliki peluang untuk mengenal banyak pelaku bisnis dengan berbagai jenis bisnisnya.

  1. Tindak Lanjut

Apa pun tujuan networking Anda, pastikan Anda membuat rencana tindak lanjut sebelum pembicaraan tersebut diakhiri. Tindak lanjut tersebut dapat berupa berjanji untuk menelepon kembali atau sesederhana mengirimkan email sebuah artikel yang menarik.

Image 06