Bec News BEC BSI

Giovanni Umboh, Alumni UBSI Sukses Berbisnis di Bidang StartUp

Terbit : 2021-10-01 | Jam : 11:28:36 WIB | Dibaca : 608 kali.

JAKARTA - Tahun 2011 silam, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menerima mahasiswa baru bernama Giovanni Umboh (Gio). Kini mahasiswa tersebut telah lulus dan menjadi alumni UBSI jurusan Sistem Informasi pada tahun 2014. Gio telah sukses membangun usaha Bizhare yang ia rintis sejak masa kuliah, Giovanni kini menjadi Co-Founder & CTO di Bizhare. Bizhare merupakan sebuah platform equity crowdfunding untuk pendanaan bisnis franchise pertama dan terbesar di Indonesia.

Saat ini, Bizhare memiliki kurang lebih 81.3 Ribu investor yang terdaftar dari seluruh Indonesia. “Sistem Equilty Crowdfunding merupakan sistem investasi gotong royong dimana masyarakat melakukan gotong royong atau patungan untuk menjadi pemilik sebuah usaha tanpa harus terlibat dalam operasionalnya,” ungkap Giovanni dalam berita https://www.tribunnews.com/techno/2020/02/19/anak-muda-ini-sukses-bangun-startup-pendanaan-bisnis-franchise-investornya-34000?page=3.. Gio membeberkan bahwa ia memiliki ide usaha tersebut dengan tujuan untuk membantu UKM dalam melakukan ekspansi bisnis mereka, sekaligus juga membantu masyarakat untuk dapat berinvestasi bisnis dengan modal yang kecil.

Gio termotivasi untuk membangun usaha dibidang StartUp Bizhare saat ia melakukan sebuah riset dimana ia mendapati data bahwa 40% milenials terlilit hutang karena tuntutan gaya hidup dan hubungan sosial. Ia juga mendapat data dari beberapa sumber dimana 44% milenial rela berhutang untuk memuaskan hobi travelling, dan 60% milenial rela untuk makan atau minum di tempat yang Instagramable. “Melihat permasalahan tersebut, saya ingin lebih banyak generasi muda Indonesia sadar akan investasi sejak dini untuk mempersiapkan masa depan. Karena itu startup yang ini ditujukan bagi seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya dan milenials khususnya,” kata Gio dalam berita https://www.tribunnews.com/techno/2020/02/19/anak-muda-ini-sukses-bangun-startup-pendanaan-bisnis-franchise-investornya-34000?page=3. Giovanni mengakui pernah bekerja sebagai insinyur perangkat lunak sejak 2014 dan bekerja pertama kali di perusahaan pengembangan perangkat lunak Indocyber Global Technology dan Emerio sebelum ia merintis usahanya dibidang StartUp.

Keduanya merupakan anak perusahaan raksasa telekomunikasi di Jepang, NTT. “Tips dalam membangun bisnis startup yang pertama adalah tentukan ide bisnis startup yang akan dipilih kemudian, cari partner yang mempunyai visi dan misi yang sama kemudian lakukan riset dan buat business plan, kemudian eksekusi semaksimal mungkin dan yang terakhir adalah konsisten dalam menjalaninya” ungkapnya dalam berbagi tips.

Gio berharap Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) dapat melahirkan alumni-alumni yang sukses berusaha di bidang startup lebih banyak lagi. Fuad Nur Hasan selaku ketua Incubator Center UBSI sekaligus kepala bagian BSI Entrepreneur Center (BEC) turut bangga dengan kesuksesan dan pencapaian yang luar biasa oleh Giovanni Umboh. “Saya sangat bangga dengan Gio, tentunya saya berdoa agar Giovanni Umboh bisa lebih sukses lagi dalam mencapai karirnya, semoga ia bisa menjadi motivasi bagi adik-adik kelasnya, agar mahasiswa-mahasiswa UBSI memiliki semangat berwirausaha.” tutup Fuad.

Image 06