Bec News BEC BSI

UBSI Undang Rizal Djibran Untuk Memotivasi Mahasiswa Berwirausaha

Terbit : 2021-04-26 | Jam : 21:46:42 WIB | Dibaca : 342 kali.

Jakarta - Fakultas Ekomoni & Bisnis (FEB) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) bersama IC UBSI dan BEC tengah menggelar seminar Entrepreneur, secara online melalui Zoom pada Jumat (23/4/2021) pukul 13.30-16.00 WIB. Seminar tersebut diperuntukan bagi semua mahasiswa yang sedang mendapatkan matakuliah Entrepreneur. Seminar itu dilaksanakan selama 7 hari dan saat ini merupakan hari ke lima pelaksanaan. Dengan mengusung tema “Wiramuda Kreatif, Ekonomi Bangkit” diharapan mampu menumbuhkan jiwa entrepreneur yang kreatif pada mahasiswa.

Seminar itu dipandu oleh Ari Abdilah yang saat itu menjadi moderator, adapun narasumber yang dihadirkan pada kegiatan itu adalah Rizal Djibran seorang artis Indonesia selaku ketua umum KADIN artis Indonesia dan juga founder Djibran Food Indonesia.

Acara seminar tersebut dibuka dengan adanya sambutan dari Fuad Nur Hasan selaku kepala Incubator Center UBSI (IC UBSI) sekaligus ketua bagian BSI Entrepreneur Center (BEC), dengan memperkenalkan IC UBSI dan BEC beliau menjelaskan tentang lembaga pengembangan dan motivasi entrepreneurship milik Universitas Bina Sarana Informatika tersebut.

kalau kalian punya bisnis tapi stuck, atau belum punya bisnis pingin punya bisnis, atau puny ide bisnis tapi masih ragu untuk berbisnis, ayo.. jangan ragu untuk menceritakannya ke kami, lembaga kewirausahaan UBSI” ajak Fuad dalam seminar tersebut.

Rizal Djibran memaparkan materi tentang bagaimana caranya untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses. Rizal juga menjelaskan beberapa karakteristik entrepreneur diantanya yaitu harus bertanggung jawab, memiliki keberanian dan tidak takut gagal, memiliki rasa kepercayaan terhadap diri sendiri untuk meraih kesuksesan dan selalu mengharapkan feedback mengenai produknya secepat mungkin dari konsumen, selalu semangat, berorientasi dan berwawasan jauh kedepan, memiliki skill dalam mengorganisasikan sumber daya guna menciptakan nilai tambah serta lebih menghargai prestasi dari pada uang.

Seorang entrepreneur harus mempunyai orientasi bahwa kesuksesan adalah apa yang bisa bermanfaat pada orang lain, bukan hanya merujuk pada keuntungan bagi dirinya sendiri, selain itu seorang entrepreneur harus bisa berpikir kreatif dan inovatif agar dapat mengembangkan produknya sesuai dengan kebutuhan dan trend dan juga memanfaatkan potensi disekitarnya jangan sampai potensi yang ada diambil orang lain” ujar Rizal dalam pemaparan materinya.

Dalam materinya, Rizal menyebutkan bahwa menjadi seorang entrepreneur harus aktif, produktif, kalkulatif, dan inovatif. Kompetensi dasar yang harus dimiliki untuk menjadi seorang wirausaha yaitu harus mempunyai ilmu, inovatif, mempunyai strategi, baik strategi produksi maupun pemasaran, mempunyai niat yang kuat, mampu mengolah informasi dan memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usahanya serta supel.

Pada seminar itu juga dihadirkan seorang Alumni Universitas Bina Sarana Informatika yang tengah sukses dalam menjalankan usahanya, yaitu Afria Pratama pemilik usaha JP Betta Jakarta.

JP Betta Jakarta merupakan usaha Afria yang di dalamnya menjual dan membudidaya ikan cupang, berawal dari tahun 2018 yang tengah trend dan banyak peminat jenis ikan tersebut, Afria terbesit untuk mengembangbiakan ikan tersebut dan menjualnya. Afria mengaku pernah meraih dana hibah sebesar Rp. 13.500.000,- dalam ajang Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) 2020 lalu dibawah bimbingan Fuad Nur Hasan selaku Ketua Incubator Center UBSI.

Saya jelas tahu apa itu BEC, BEC adalah BSI Entrepreneur Center yang telah membimbing dan mendampingi saya, saat saya masih berkuliah di UBSI dalam membangun dan mengembangkan usaha saya, disaat saya buntu saya cerita ke pak Fuad, saya menjadi tahu cara menanganinya” Jelas Afria saat dimintai keterangan oleh seorang moderator.

Image 06