Bec News BEC BSI

Mahasiswa UBSI Tasikmalaya Sukses Rintis Usaha di Era Pandemi

Terbit : 2021-04-05 | Jam : 21:46:02 WIB | Dibaca : 15 kali.

Nizza Rahmah Mahzani atau biasa dipanggil Nizza merupakan mahasiswi UBSI Tasikmalaya yang kini duduk di semester 4. Didukung oleh latar belakang keluarganya yang sudah lama berkecimpung didunia usaha khususnya bidang kuliner, Nizza mulai mencoba merintis usahanya sendiri dibidang kuliner. Dia mencoba menciptakan sebuah produk yang diberinama pisrol crispy yang berbahan dasar pisang. Usaha ini dirintis pada tahun 2020, Nizza memilih membuat pisrol crispy ini karena dia ingin menciptakan olahan pisang yang bercitarasa unik namun tetap lezat dan digemari masyarakat. Nizza juga melihat bahwa di daerah tempatnya tinggal belum ada yang mengolah pisang seperti yang dia lakukan. Dalam menjalankan usahanya Nizza menyebutkan bahwa dia termotivasi oleh seorang motivator Syafii Efendi dikarenakan beliau ini sangat berani dalam mengambil resiko.  Ia juga sering termotivasi oleh pembicara dalam seminar-seminar kewirausahaan yang Universitas Bina Sarana Informatika selenggarakan bersama BEC (BSI Entrepreneur Center).

Saat mulai merintis usaha di tahun 2020, Nizza dihadapkan dengan pandemi yang melanda seluruh dunia, hal ini sempat menyebabkan usaha yang baru dirintisnya goyah namun Nizza tetap semangat dalam menjalankan bisnis ini walaupun orderan yang diterima mulai sepi. Karena hal tersebut dia mulai melakukan promosi melalui berbagai media seperti instagram agar produknya bisa dikenal lebih luas dan hal tersebut berhasil menstabilkan pendapatannya di era pandemi. Setelah pendapatannya stabil, dia menemui hambatan baru yaitu tidak bisa melayani konsumen dalam jarak jauh dikarenakan produknya mudah basi. Kemudian dia mulai mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan membeli alat vacum dan melakukan uji coba ketahanan produk setelah di vacum. Kini dia berhasil mengatasi masalah tersebut dan berhasil menjangkau konsumen diluar kota Tasikmalaya, bahkan kini dia memiliki beberapa reseller di luar kota.

Tekun dan konsisten serta selalu berdoa dan berserah diri kepada Allah adalah prinsip saya dalam menjalankan bisnis ini” tutur Nizza

Selain gigih dalam mempertahankan usahanya, dia juga semangat dalam mengikuti seminar-seminar bisnis sampai kompetisi bisnis baik yang ada dilingkunang kampusnya mau pun diluar kampus, kegigihannya ini menyebabkan dia berhasil dan sukses menjalankan bisnis meskipun pandemi berkepanjangan masih melanda.

Saya sangat berterimakasih terhadap Universitas Bina Sarana Informatika yang memiliki lembaga kewirausahaan seperti IC UBSI dan BEC yang selalu memotivasi mahasiswa-mahasiswinya dalam berwirausaha, seperti sering mengadakan seminar, workshop, coaching system dan kegiatan wirausaha lainnya” tutup Nizza

Fuad Nur Hasan selaku ketua IC UBSI sekaligus kepala bagian BEC sangat bangga dengan semangat dan kegigihan Nizza.

 

Nizza itu mahasiswi UBSI, saat ini beliau baru semester 4 tapi beliau sudah sukses membangun bisnisnya, saya bangga dengan semangat dan kegigihannya dalam berusaha, saya doakan agar usahanya terus lancar dan selalu sukses” ucap Fuad saat dimintai keterangan.

 

a2b/RCB/nrx

Image 06