Bec News BEC BSI

BEC Merubah Mind Set Mahasiswa Untuk Menjadi Seorang Job Creator

Terbit : 2021-02-28 | Jam : 21:26:04 WIB | Dibaca : 61 kali.

Saat ini bukanlah lagi eranya mencari kerja, BSI Entrepreneur Center (BEC) merupakan sebuah lembaga yang khusus menangani kegiatan kewirausahaan yang bertujuan untuk merubah mind set mahasiswa untuk menjadi seorang job creator.

BSI Entrepreneur Center (BEC) yakin dan percaya bahwa dengan program kerja yang sudah BEC susun, akan mampu melahirkan wirausaha muda Universitas Bina Sarana Informatika yang tangguh, peduli, kreatif dan mandiri. BEC memiliki taglineJadi Pengusaha Sebelum Wisuda”, tagline tersebut yang akan BEC buktikan bahwa BEC mampu menciptakan entrepreneur muda (entrepreneur by design).

Universitas Bina Sarana Informatika sebagai salah satu perguruan tinggi terdepan dalam mencerdaskan sebanyak mungkin anak bangsa, tentunya mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mengantarkan mahasiswanya menjadi anak bangsa yang cerdas dan mandiri. Satu dari sekian banyak bentuk tanggung jawab Universitas Bina Sarana Informatika adalah dengan membentuknya suatu lembaga yang khusus menangani kegiatan kewirausahaan (BSI Entrepreneur Center) sebagai solusi ideal dalam menciptakan berbagai peluang usaha dan lapangan pekerjaan bagi mahasiswa/alumni Universitas Bina Sarana Informatika ke depan.

Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh BSI Entrepreneur Center selama satu tahun belakangan ini, antara lain, BSI Entrepreneur Center berkerjasama dengan Dinas PPAP DKI Jakarta untuk mengadakan Workshop Menjadi Pengusaha Tangguh Di Era Milenial di Kecamatan Senen pada Kamis (5/3/2020). 

BSI Entrepreneur Center berkerjasama dengan Jak Preneur untuk mengadakan Workshop Menjadi Pengusaha Tangguh Di Era Milenial dengan peserta 47 kader PKK dan Dasa Wisma dari Kecamatan Cempaka Putih dan Kecamatan Johar Baru pada Selasa (10/3/2020).

Pada bulan Juli 2020, BSI Entrepreneur Center menyelenggarakan Webinar Entrepreneurship 2020 sebanyak 2 kali dengan pembicara Adi Putra pemilik CV. Adhi Perdana & Siam One Asia Co., Ltd di hari Rabu (8/7/2020) dan juga Anang Pradipta seorang penasehat perusahaan BUMN dan Swasta serta pemilik Mable Pastry, Sugarlive, Rapel pada Rabu (15/7/ 2020).

Di bulan Agustus 2020, BSI Entrepreneur Center (BEC) melakukan bimbingan dan pendampingan peserta KIBM 2020. Selanjutnya di bulan Oktober 2020 BEC menggelar Seminar Wajib Entrepreneur (SWE) yang dilaksanakan pada 12 s/d 21 Oktober 2020 dengan menghadirkan pengusaha, aktor hingga youtuber sebagai narasumber.

BEC menyelenggarakan kegiatan pembuatan proposal bisnis melalui system EF2 pada bulan November 2020 yang diikuti seluruh mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika yang menerima matakuliah Entrepreneur.

Selain itu, BEC juga mengadakan Workshop dan Coaching System yang berlangsung selama 8 hari yang dilaksanakan dari 25 November 2020 sampai dengan 17 Desember 2020.

Dan pada puncaknya, BSI Entrepreneur Center ikut berperan serta dalam menyelenggarakan sebuah event special yaitu Webinar dengan tema “Peran IBT dalam Menciptakan Start Up Digital Tangguh Menuju Era Rovolusi Industri 5.0” dengan pembicara Deva Primadia Almada, M.Si seorang Asisten Bidang Inkubator Bisnis, Lembaga Kawasan Sains Teknologi (LKST) IPB yang pada saat itu juga, sekaligus Universitas Bina Sarana Informatika me-Launching Incubator Center UBSI pada Selasa (22/12/2020).

Saat ini, untuk memperingati HUT BSI yang ke 33 tahun dan sebagai persiapan menuju kompetisi nasional kewirausahaan pada tahun 2021, maka BSI Entrepreneur Center ikut berperan serta untuk menyelenggarakan event Wiramuda Business Competition  (WBC) 2021 yang berlangsung dari bulan Januari hingga Maret 2021.

BSI Entrepreneur Center juga telah turut berperan serta dalam melakukan pelatihan dan pendampingan bersama IC UBSI dengan memberikan workshop kepada peserta Wiramuda Business Competition  (WBC) sebagai bekal dalam menghadapi kompetisi, antara lain workshop yang membahas BMC yang berlangsung Senin (15/2/2021) dan Workshop yang membahas Pitch Deck yang telah berlangsung Selasa (16/2/2021).

Selanjutnya BSI Entrepreneur Center akan ikut berperan serta dalam melakukan kegiatan yang diselenggarakan IC UBSI yaitu review internal proposal bisnis peserta Wiramuda Business Competition  (WBC)  pada 1-8 Maret 2021 mendatang.

Beberapa prestasi berkaitan dengan wirausaha yang dicetak BSI Entrepreneur Center satu tahun belakangan ini adalah, Mahasiswa UBSI raih dana hibah Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM 2020) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang ditetapkan pada Oktober 2020 dengan meloloskan 2 kelompok mahasiswa yaitu Jp Betta Jakarta dan Devifo Studio. Dan diakhir tahun, tepatnya bulan November 2020, mahasiswa UBSI menjuarai Festival Kreatif Lokal Award 2020 sebagai pemenang ke-3. BSI Entrepreneur Center (BEC) akan selalu yakin dan selalu berusaha untuk mencetak prestasi yang lebih banyak dan lebih baik lagi.

Image 06