Bec News BEC BSI

Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Peluang Usaha Dan Penambahan Income Bagi CS Citi Mall Sukabumi

Terbit : 2020-06-08 | Jam : 00:50:01 WIB | Dibaca : 165 kali.

Pandemi covid-19 atau corona di sukabumi berdampak pada per-ekonomi-an masyarakat. Para pelaku usaha sangat merasakan dampaknya, terlebih dengan diberlakukan aturan PSBB dan peraturan tambahan dari walikota sukabumi yang membatasi waktu buka pusat perbelanjaan dan pertokoan. Buruh pekerja pun mengalami dampak penundaan pembayaran THR bahkan pemberhentian kerja. Universitas Bina Sarana Informatika Sukabumi melalui dosen dan mahasiswa nya tergerak untuk melakukan pemberdayaan pegawai kontrak citimal sukabumi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama dua hari, tanggal 16 dan 17 Mei 2020. Kegiatan ini terselengara berkat dukungan dari manajemen citimal sukabumi dan para pelaku usaha yang tergabung di citimal sukabumi. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kota sukabumi menyebabkan penurunan profit secara drastis bagi pelaku usaha di citimall sukabumi, secara tidak langsung penurunan profit ini berdampak tidak langsung kepada staf cleaning service (CS) di citimall sukabumi yang biasanya ada saja yang memberikan donasi ala kadarnya bagi mereka kini sangat jarang mereka terima.

Kebutuhan ekonomi keluarga harus tetap dipenuhi, oleh karena itu Universitas Bina Sarana Informatika melalui kegiatan ini mengajukan solusi bagi pelaku dan staf cleaning service di citimall sukabumi. Pemberdayaan e-commerce menjadi solusinya. Pelaku usaha yang biasa berjualan secara offline dibantu berjualan secara online oleh CS, dimana CS ditraining oleh dosen wirausaha universitas Bina Sarana Informatika Sukabumi yang juga merupakan pelaku usaha untuk memanfaatkan platform e-commerce yang sudah ada seperti shopee, tokopedia, bukalapak dan lainnya.

Rusli Nugraha dan Eva Marsusanti selaku narasumber pada kegiatan ini mengatakan “CS dilatih untuk membantu menjajakan produk dari para pelaku usaha yang tergabung di citimall Sukabumi melalui platform e-commerce yang ada. CS akan mendapatkan komisi dan lebihan harga, pelaku usaha juga akan terbantu karena ada yang tambahan marketing bayangan”. Gimin, peserta pelatihan senang mengikuti kegiatan ini karena ini pertama kalinya dia mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat “menambah pengetahuan dan ingin mencoba jualan tanpa tanpa modal” ujarnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mendapat respon positif dari citimall sukabumi, Deni Ramdani selaku supervisor, Operation & HRGA citimall sukabumi, dia mengatakan memberi izin kepada para seluruh staf CS citimal sukabumi untuk mengikuti kegiatan ini karena pelaksanaan dilaksanakan menggunakan video bersama dan diluar jam kerja, selain itu kegiatan ini membantu rekan-rekan pemilik los di citimall untuk dibantu penjualannya sekaligus bisa bantu promosi citimal.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat antara Universitas Bina Sarana Informatika bekerjasama dengan Citimall Sukabumi akan mampu meningkatkan income tambahan bagi staf cleaning service dan meningkatkan penjualan produk mitra pemilik toko di citimall sukabumi jika program mutualisme ini dilaksanak secara berkelanjutan oleh kedua belah pihak (CS dan pemilik toko).

Image 06