Bec News BEC BSI

Sukses Kembangkan Bisnis Sejak Mahasiswa

Terbit : 2020-04-08 | Jam : 03:37:53 WIB | Dibaca : 69 kali.

Tangerang - Saat ini menjadi wirausaha tengah menjadi tren yang banyak diminati oleh generasi muda. Cukup banyak lulusan perguruan tinggi yang memilih merintis bisnis sendiri, bahkan membangun usaha sedari masih menyandang status mahasiswa.

Seperti halnya yang dilakukan oleh dua wirausaha lulusan UBSI Kampus Tangerang yaitu Veni Martenia dan Vine Martinea keduanya merupakan alumni jurusan Komputer Akuntansi tahun 2016, keduanya berhasil mengembangkan bisnis saat masih menjadi mahasiswa.

Sebelumnya Veni dan Vine memang sudah mempunyai jiwa bisnis, bakatnya sudah mulai terlihat sejak tahun 2012, ketika mereka membantu ibunya membuat kue-kue pesanan tetangga, mereka terbesit untuk membuka usaha di bidang kuliner. Ditahun 2016 Vine dan Veni sempat mengikuti Wiramuda Bisnis Competition yang diselenggarakan oleh BSI dan lolos ke babak 10 besar, diajang terebut Vine dan Veni mengaku banyak bertemu dengan kaka senior yang sudah lebih dulu sukses dalam berbisnis, sehingga membuat mereka semakin tertarik berada dalam dunia entrepreneur dan semangat untuk membangun Dapur Alazkha.

Dapur Alazkha  merupakan Bisnis dalam bidang kuliner yang mereka rintis. Dari bisnis tersebut tidak hanya berhasil mendatangkan keuntungan usaha. Lebih dari itu juga memberikan manfaat dan dampak positif dalam memperkerjakan masyarakat.

Bisnis Dapur Alazkha beralamatkan di jalan Raya Kutabumi, Perum Pondok Indah, Jalan Bukit Barisan Blok C8/2 RT.02/09 Kelurahan Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang 15560.

Vine dan Veni melalui bisnis kuliner ini berhasil memberdayakan beberapa orang untuk berkerja sama.  Usaha kakak beradik yang bernama Dapur Alazkha ini berdiri sejak tahun 2012. Melalui usaha ini selain bisa mendapatkan keuntungan juga dapat bermanfaat untuk orang lain.

Dapur Alazkha merupakan tempat untuk memesan berbagai jenis kue, dari mulai Kue Ulang Tahun, Cup Cake, Cake In Jar, Cemilan Cireng Kuah (CIREWAH) dan Mini Chocolate. Produk-produknya dipasarkan melalui media social Instagram @dapuralazkha_ dan beberapa marketplace diantaranya Tokopedia dan Shopee.

Veni dan Vine menyampaikan bahwa generasi muda, termasuk mahasiswa, memiliki potensi besar untuk terjun dan menjalankan wirausaha.

 “Menjadi mahasiswa tidak hanya dicetak untuk bekerja di lembaga pemerintah maupun perusahaan, tetapi juga bisa menjadi wirausaha,” ujar Veni dalam memberikan motivasi pada acara seminar entrepreneur BSI sebagai testimoni alumni.

Pada kesempatan tersebut, Veni  menceritakan sejumlah tantangan dan hambatan dalam menjalankan wirausaha. Dia mengakui tidak mudah menjalankan usahanya saat itu, terlebih usaha yang dijalankan banyak competitor, namun ia menyarankan untuk mempunyai ciri khas dalam berbisnis. Mempertahankan kualitas rasa dan menggali inovasi produk dengan harga yang terjangkau merupakan ciri khas Dapur Alazkha.

“Peran kita sebagai alumni UBSI yang juga pengusaha adalah harus mengedukasi masyarakat yang belum melek teknologi. Hal ini sangat tidak mudah, membutuhkan proses tidak bisa berlangsung instan,”paparnya.

Vine mengatakan keputusannya untuk melanjutkan bisnis yang telah dijalankan sejak mahasiswa tidak serta merta didukung oleh keluarga. Keputusan untuk berbisnis secara mandiri usai lulus kuliah belum dilihat sebagai sesuatu yang memiliki prospek cerah dan penuh dengan risiko.

Veni mengaku beruntung mendapat kesempatan untuk hadir dalam seminar entrepreneur yang diselenggarakan BSI pada Oktober 2019 silam. Melalui acara tersebut ia mampu memotivasi adik-adik kelasnya. [Narti]

Image 06