Bec News BEC BSI

SEMINAR ENTREPREUNER, UBSI MERUBAH MINDSET MAHASISWA MENJADI PENGUSAHA MUDA

Terbit : 2018-10-26 | Jam : 02:53:18 WIB | Dibaca : 135 kali.

Yogyakarta - 24/10/2018. Salah satu cara untuk membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia adalah menciptakan wirausaha-wirausaha baru yang dapat menciptakan banyak lapangan usaha baru. Dampaknya banyak tenaga kerja yang akan terserap sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.  Sejalan dengan hal tersebut, UBSI PSDKU Yogyakarta mengadakan seminar entrepreuner yang diikuti oleh mahasiswa semester 1 dari program studi Sistem Informasi sebanyak 82 peserta.  Seminar yang mengangkat tema "Set up your mind to be a young entrepreuner" ini menghadirkan pembicara yang merupakan salah satu fasilitator dari Gapura Digital Yogyakarta, Dimas Ragil Mumpuni selaku co.Founder Pasienia.com.  Saat ini Dimas juga menjabat sebagai Project Officer Gapura Digital Yogyakarta. GAPURA DIGITAL (Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat Berbasis Digital) merupakan program Google yang bertujuan membantu UMKM untuk mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi informasi.

 

Acara yang dilaksanakan di kampus UBSI PSDKU Yogyakarta ini dimulai pukul 15.00 WIB dan dibuka oleh Noor Hasan, M.Kom selaku koordinator BSI Entrepreuner Center (BEC) di kampus tersebut.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan "Tujuan utama kegiatan ini adalah merubah mindset mahasiswa untuk menjadi wirausaha sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bukan hanya menjadi pencari kerja."

 

"Kegiatan pembinaan entrepreuner di kalangan mahasiswa UBSI tidak hanya sampai sini. Setelah merubah mindset mahasiswa rencana ke depan akan dilakukan enterpreuner fair, kompetisi wiramuda dan workshop digital marketing." tambah Noor Hasan

 

Pada seminar kali ini Dimas menyampaikan dalam materinya “Dasar menumbuhkan minat wirausaha yaitu merubah mindset bahwa modal usaha tidak hanya uang tapi dengan niat dan tekad, modal bisa dicari.  Yang paling penting adalah memunculkan ide-ide baru di bidang usaha”. “Alasan mengapa membuka suatu bidang usaha merupakan poin yang lebih penting dalam penentuan usaha apa yang akan dibangun.   Dengan adanya alasan yang kuat hasil dari analisa kebutuhan pasar lebih berpeluang sukses dibanding menentukan dulu apa yang akan dibuat usaha tanpa menganalisa kebutuhan pasar saat ini” kata Dimas menambahkan dalam materinya.

 

Acara seminar ini diakhiri pukul 18.00 WIB dan ditutup dengan penandatanganan MOU antara UBSI dengan Pasienia.com yang berisi kesepakatan kerjasama dalam pembinaan pengembangan entrepreuner di kalangan mahasiswa UBSI. by: nhs - a2b

Image 06