Bec News BEC BSI

Kuliah Saja Sudah Biasa, Kuliah + Berbisnis Baru Luar Biasa !!!

Terbit : 2017-01-18 | Jam : 08:59:02 WIB | Dibaca : 609 kali.

Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang sangat diharapkan untuk dapat berpartisipasi dalam pembangunan bangsa Indonesia yang harus menjadi bangsa yang mampu bertahan dan mampu memenangkan persaingan yang semakin ketat. Dalam kondisi sekarang ini dimana perubahan berlangsung sangat cepat dan penuh ketidakpastian, mahasiswa sebagai insan berpendidikan sudah seharusnya memiliki wawasan dan pandangan yang luas dalam melihat persoalan bangsa ini. Salah satu permasalahan krusial bangsa Indonesia adalah masalah ketenagakerjaan dimana tingkat permintaan tenaga kerja jauh lebih rendah dari pasokan tenaga kerja yang ada. Lebih ironis lagi tingkat pertumbuhan pengangguran terdidik mengalami lonjakan yang luar biasa. Belum lagi bila kita cermati tenaga kerja terdidik yang menempati posisi pekerjaan saat ini cenderung lebih banyak lulusan sarjana yang bekerja bukan pada bidang keahliannya.Terkait dengan permasalahan tenaga kerja, mahasiswa saat ini dihadapkan pada suatu pertanyaan penting yaitu: “apakah setelah lulus nanti menjadi bagian dari solusi, atau bahkan menjadi bagian masalah baru dalam bidang ketenagakerjaan bangsa ini?”. Ironis memang jika notabene mahasiswa yang setelah lulus nanti sangat diharapkan menjadi solusi permasalahan bangsa ini, namun yang terjadi sebaliknya justru menambah beban menjadi masalah baru. Paparan ini diungkapkan dosen Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung (FISIP Unila), Hartono, Jumat (16/3). “Seiring maraknya gerakan kewirausahaan yang semakin gencar dan diyakini akan menjadi solusi bagi permasalahan ketenagakerjaan, kembali mahasiswa dihadapkan pada suatu kondisi apakah akan turut mengambil peran untuk mengambil kesempatan berwirausaha ataukah akan tetap fokus sebagai mahasiswa yang hanya menekuni bidang keahliannya?” ungkapnya. Sementara Dirjen Dikti tanpa ragu mendukung program pengembangan kewirausahan di perguruan tinggi dengan menggulirkan program-program yang menstimulasi tumbuhnya bibit-bibit wirausahawan dari kalangan perguruan tinggi. Salah satu contohnya adalah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berwirausaha dengan dukungan permodalan start-up bussiness dan pembimbingan yang diharapkan mampu menjadi embrio wirausahawan baru dari kalangan kampus. Contoh lain yang juga digulirkan oleh Dirjen Dikti adalah Program Kreativitas Mahasiswa Wirausaha (PKMK). Berbagai pihak juga menggulirkan Beasiswa Wirausaha Mandiri yang diberikan kepada mahasiswa yang memiliki usaha sebagaimana digulirkan oleh Bank Mandiri.

Bagi mahasiswa yang ingin hidup mandiri dan mendapatkan penghasilan diperlukan usaha untuk mendapatkannya. Banyaknya mahasiswa sukses karena mencoba memulai usahanya sembari kuliah. Baik dari usaha jual beli pulsa, sampai jual beli handphone. Dari menjajakan cemilan, sampai bisa buka restoran di pinggir jalan. Dari reseller kaos dari produk orang lain, sampai bisa punya distro sendiri. Banyak sebenarnya cara-cara untuk menjadikan wirausaha ini bagian dari kehidupan belajar bekerja untuk diri sendiri. Apalagi kegiatan perkuliahan tentu dengan jelas mempersiapkan mahasiswa untuk bisa mencari pekerjaan yang layak dengan dirinya setelah lulus kuliah. Dengan berwirausaha, berbisnis, maka mahasiswa belajar untuk bisa bekerja bagi dirinya sendiri dan mengajak orang lain juga menjadi produktif. Berikut ini contoh jenis usaha yang dapat dijadikan bisnis awal bagi mahasiswa :

 

 1. Bisnis Kursus Private

Bisnis kursus private merupakan bisnis sampingan yang tidak memerlukan modal. Namun bisnis ini menuntut mahasiswa yang menjalankannya mempunyai keterampilan dan keahlian khusus. Misalnya saja bisnis kursus private matematika, paling cocok bagi mahasiswa jurusan matematika. Kursus matematika banyak dicari orang tua murid, karena matematika diajarkan sejak pendidikan dasar dan diujikan pada ujian nasional. Ini merupakan ladang emas yang sebaiknya dicoba mahasiswa.

2. Bisnis Jasa Penulis

Bisnis jasa penulis merupakan bisnis online mahasiswa yang hobi menulis. Selain menjadi penulis online mahasiswa dapat mencoba menjadi kontributor sebuah situs online. Bahkan dapat membuka jasa penulisan online, kemudian mempromosikannya di media sosial dan dunia maya. Jika tulisan Anda enak di baca manusia dan mesin pencari google, para pelanggan akan memberi nilai plus untuk bisnis online Anda.

3. Bisnis Jasa Servis Laptop

Bisnis jasa servis laptop merupakan bisnis sampingan yang dapat jalankan oleh mahasiswa teknik computer yang mengerti dan mempunyai keterampilan hardware maupun software laptop, serta mempunyai skill yang mumpuni. Selain membutuhkan keterampilan hardware dan software, Anda harus mempunyai peralatan perbaikan, seperti obeng, tang dan alat-alat penting lainnya. Setelah semuanya siap, saatnya mempromosikan bisnis jasa servis laptop ini kepada teman, saudara dan tetangga.

4. Bisnis Jualan Pulsa

Bisnis jualan pulsa merupakan bisnis yang membutuhkan modal yang sangat kecil, sehingga banyak yang menjadikan bisnis ini sebagai bisnis pertama untuk mulai belajar berbisnis. Bisnis ini sangat mudah dijalankan dan dapat langsung jalan, seperti menjual ke saudara dan teman dekat. Namun sebelum memulai bisnis ini siapkan strategi secara hati-hati agar bisnis dapat terus bertahan, karena banyaknya orang dekat yang bayar pulsa belakangan.

Pilih dan Tekuni

Apapun bisnis yang dijalani, harus dijalankan secara baik dan terkonsep. Siapkan mental, karena biasanya akan sulit untuk memulai sebuah bisnis, bahkan mungkin dipikiran terdapat berbagi macam alasan yang membuat Anda ragu untuk action dalam bisnis mahasiswa ini. Padahal jika tekun akan sangat membanggakan ketika belum lulus kuliah sudah mempunyai bisnis yang berjalan secara sistematis. Selamat berbisnis ^-^

 

 

Image 06