Bec News BEC BSI

Tips Mudah Memulai Bisnis Rumahan Agar Sukses

Terbit : 2016-12-05 | Jam : 11:43:21 WIB | Dibaca : 930 kali.

            Pasti banyak orang yang bertanya bagaimana sih menghasilkan uang dari rumah atau istilahnya membuka usaha di rumah. Mencari ide peluang usaha dengan modal kecil mulai banyak dilirik orang untuk dicoba.Susahnya mendapatkan pekerjaan, gaji rendah, tingkat pendidikan yang hanya sebatas lulusan SMU adalah beberapa faktor yang menyebabkan seseorang sangat ingin mencoba peluang usaha sampingan dengan modal kecil dan bisa dilakukan di rumah.

            Bila anda adalah salah satu orang yang memiliki karakter seorang wirausaha, tak mau di perintah inginnya memerintah, tak mau di gaji pengennya menggaji, ingin berbisnis walau berbisnis rumahan dengan skala kecil maka sebaiknya mengetahui tips mudah memulai berbisnis dengan modal kecil.

            Oke langsung saja ini dia tips mudah memulai bisnis rumahan yang perlu anda ketahui.

  1. Dukungan Keluarga

Dukungan keluagra adalah salah satu faktor yang penting apalagi jika sudah berumah tangga. Jika saja, Anda adalah seorang ibu rumah tangga atau seorang suami maka jika ingin memulai usaha di rumah maka sebaiknya meminta ijin kepada suami atau isteri jika memiliki niat untuk menjadi seorang pengusaha kecil-kecilan dirumah. Rencana untuk memulai bisnis sebagai wirausaha akan terasa lebih ringan tanpa beban karena ada restu suami atau isteri sehingga mereka akan memberikan dukungan dan doa sehingga usaha rumahan dengan modal kecil untung besar itu bisa dijalankan dan dikembangkan.

  1. Belajar Administrasi Sederhana

Walau hanya bersifat bisnis rumahan, namun penting pula menguasai administrasi sederhana. Dengan menguasai administrasi akan sangat membantu dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan usaha anda. Belajarlah mencatat semua pengelolaan keuangan dimulai dari mencatat pengeluaran untuk pembelian bahan produksi, biaya operasional dan sebagainya dengan cermat dan teliti. Mungkin terlihat hal sederhana dan kebanyakan di spelekan, tapi justru dari hal yang sederhana inilah yang akan menjadi salah satu pondasi untuk menjamin kelangsungan bisnis kecil anda di rumah.

  1. Menjauhkan Diri Dari Ketakutan Terhadap Kegagalan.

Setiap bisnis hanya memiliki 2 sisi saja yakni keberhasilan dan kegagalan. Seorang pengusaha sejati tak mengenal kata “takut gagal”, walau mungkin mereka sendiri hanyalah seoarang pemula. Biasanya mental pengusaha ditempa oleh perjalanan waktu, membutuhkan proses panjang tapi kualitas wirausaha sejati pasti akan terbukti di hari depan kelak. Jadi, sekarang selidikilah diri sendiri jika mau menjadi seorang pengusaha, lebih besar mana antara ketakutan bangkrut atau meraih mimpi memiliki kualitas hidup lebih baik dan makmur di masa akan datang.

  1. Menjadi Bisa Karena Terbiasa

Jika anda adalah seorang pemula dan masih memiliki mindset takut tidak bisa menjalankan usahanya maka dari saat ini hilangkan jauh-jauh mindset tersebut. Pada awal berdirinya bisnis pasti anda akan merasa kesulitan dalam mengelola bisnis anda karena anda belum terbiasa dengan hal tersebut. Tapi ibarat seorang anak kecil yang belajar naik sepeda roda 2, pasti sering mengalami jatuh dari sepedanya tapi setelah ia belajar dan terbiasa maka dia menjadi pandai bersepeda. Sama halnya seperti anak kecil yang belajar bersepeda maka kesalahan menjalankan bisnis akan bisa juga dialami oleh para pengusaha pemula namun dari kesalahan-kesalahan tersebutlah anda akan belajar dan terbiasa menghadapainya sehingga dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan tersebut.

 

  1. Berikan Yang Terbaik Untuk Pelanggan.

Anggaplah Pelanggan itu sebagai raja yang harus kita layani dengan maksimal. Ketika kita memiliki usaha sendiri maka memberikan pelayanan terbaik adalah sebuah keharusan. Pelanggan akan merasa puas dengan produk barang atau jasa yang telah mereka bayar karena sesuai dengan kualitasnya. Oleh sebab itu, kita harus memperhatikan aspek kepuasaan pelanggan mulai dari pelayanan, kualitas produk dan lain sebagainya. Karena apabila pelanggan mendapatkan kepuasan mereka akan mempercayai produk kita sehingga akn berbelanja lagi di tempat kita.

            Mungkin itu beberapa tips yang bisa di coba dalam memulai bisnis rumahan. Perlu diingat bahwa sebenarnya untuk memulai berbisnis rumahan tidak serumit yang dibayangkan jika kita mau mencobanya. So dont give up! Berusahalah untuk menjadi diri sendiri jangan selalu menjadi orang lain karena awal dari kesuksesan adalah dari diri kita sendiri.

 

Image 06