Bec News BEC BSI

[Step 1] Menjadi Wirausaha sukses, mulai dari mana?

Terbit : 2016-11-21 | Jam : 10:47:47 WIB | Dibaca : 637 kali.

Pagi Wirausaha Muda,

Selamat menyongsong hari senin,

Senin pagi sering menjadi keluhan bagi sebagian orang smpai-sampai disebut sebagai "Hari yang paling malas untuk memulai aktifitas" padahal, seharusnya hari senin dijadikan sebagai semangat baru bagi semua orang setelah menikmati hari libur bersama keluarga, kerabat, pacar atau karyawan di perusahaan anda.

Sebagai seorang wirausaha, tentu hari senin bukanlah menjadi hari yang kita bahas diatas, senin justru bisa dijadikan awal baru bagi kita untuk berinovasi dalam produk, berinovasi dalam strategi promosi atau bahkan berinovasi menambah usaha baru.

 

The Power of Monday! jadikan senin pagi ini sebagai hari terbaik dalam hidup kita, Jadikan senin sebagai landasan pacu untuk memulai semangat baru, bukan melemahkan yang sudah ada justru terus menambah semangat untuk membuang jauh jauh rasa malas dan energi negatif yang terngiang di otak tentang "hari seniinn.. ninn.. nnn"

 

So, mari ubah hari ini sebagai langkah awal memperbaiki hidup.

Memulai sesuatu yang baru memang tidak mudah “layaknya bola yang dipaksa jatuh dengan keras agar memantul lebih tinggi”. mari kita filosofikan perubahan seperti itu. banyak yang bilang "untuk mencapai kesuksesan kita harus cukup keras  untuk melemparkan diri kita agar dapat keluar menembus batas, jika kita hanya berjalan seperti biasa, maka kita akan stak diam dalam tembok tersebut, jika kita bergerak kurang cepat, maka yang ada kita hanya akan mematul ke arah yang sama. Jadi, harus lah kita berlari kencang agar tembok yang kita namai “zona nyaman” tersebut bisa kita tembus.

 

"Kenapa kita harus menembus zona nyaman? Bukankan zona nyaman memang sesuatu yang harus kita pertahankan untuk menjalani hidup?" Jika anda berpikir seperti itu, mungkin sudah saatnya anda bangun dan bergegas, karena hidupnya orang besar tidak semerta-merta karena itu. “live without risk, is live unlived” banyak para pengusaha besar memulai usahanya dengan berani mengambil resiko, berani mengambil langkah besar, berani berlari kencang untuk menembus zona nyamannya. Karena sejatinya hidup memili level, move up is something that all pepole should do. Jika kita hanya bertahan pada level nyaman kita saat ini, kapan kita akan mencapai level nyaman yang lebih tinggi?

 

Sebelum lari terlalu jauh dari judul diatas, mari kita jadikan hari senin sebagai hari inovasi, khsusunya bagi pembaca, termasuk saya sendiri. Mungkin telah banyak buku yang dibaca, artikel bahkan talkshow atau seminar yang berhubungan dengan wirausaha. Mungkin sudah cukup membangkitkan semangat kita untuk memula semua mimpi mimpi itu, ya.. mimpi sebagai wirausaha sukses.

Tetapiii.. terkadang muncul tanda tanya besar dalam hati kecil kita, Bagaimana untuk memulainya? Harus kemana kaki ini melangkah? Tentu bagi seorang pemula “takut untuk gagal” kadang menjadi penghalang. Tetapi, bagaimana kita tahu kita akan gagal atau berhasil tanpa memulai?. “Everyone have their own luckiness” bukan mindset yang salah jika kita untuk menambah keberanian. Tetapi tetap, sebanyak apa usaha kita disitu besar-kecil keberuntungan kita di tentukan.

 

Jika anda banyak berpikir “usaha apa ya yang cocok untuk saya?” maka berhentilan berputar-putar pada pertanyaan yang mengambat itu jika sampai saat ini anda belum juga memulainya. “Usaha yang paling cocok, adalah usaha yang berani anda jalankan, buka hanya sekedar teori dalam pikiran” mungkin saatnya anda rubah dengan pertanyaan tadi dengan kalimat tersebut.

Lalu hal apa yang harus saya lakukan sebenarnya? (Thats a good question)

 

Langkah pertama

Buatlah riset target mareting, Apa itu riset target marketing? (good question number two). Riset taret marketing adalah langkah awal agar kita tahu, apa yang sebenarnya yang sedang dibutuhkan calon customer kita nanti, seperti apa perkembangannya sekarang? Seperti apa sih bentuknya? Siapa saja yang sudah memulai atau yang akan kita sebut pesaing usaha kita? Bagaimana ia memulainya? Yappp.. something like that.

 

Penelitian atau Riset pemasaran dapat memberikan sebuah gambaran tentang jenis produk dan layanan baru seperti apa yang dapat membawa keuntungan bagi bisnis Anda, jadi akan lebih banyak lagi inovasi. Untuk produk dan layanan yang sudah tersedia, maka riset pemasaran dapat memberikan gambaran pada Anda apakah produk dan layanan tersebut benar-benar telah memenuhi kebutuhan pelanggan.

 

Bagi anda yang senang berinteraksi dengan banyak orang maka dapat segera memulai langkah awal ini. Namun jika tidak, saat ini telah banyak media bagi para calon pengusaha atau pengusaha besar sekalipun untuk meriset pangsa pasar tanpa harus terjun langsung dan bertanya kepada satu persatu orang. Bagi anda yang mungkin sudah lama berkecimpung di dunia Internet Marketing mungkin sudah akrab dengan fasilitas-fasilitas tool yang diberikan oleh google.

 

Contohnya Google Keyword Planner Tool, Fasilitas ini digunakan oleh mereka yang ingin mengetahui informasi seputar keyword atau kata kunci yang digunakan berkaitan dengan produk yang di bisnis mereka. Tool ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan ide-ide kata kunci baru serta peluang-peluang lain yang bisa dilakukan seputar bisnis yang di bidik.

 

Google Trends, Tools ini dapat digunakan untuk mengetahui topik yang sedang trend di internet. Sangat cocok digunakan oleh mereka yang punya website/ blog dengan topik news juga toko online yang menjual produk-produk terbaru. Google trends selalu menampilkan update terbaru hal-hal yang sedang hangat dan banyak dicari di internet. Selain itu juga ada Google documents dan Google consumer surveys. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak mencoba langkah awal tersebut.

 

Salam inovasi!

Image 06