Bec News BEC BSI

Entrepreneur Fair BSI Fatmawati

Terbit : 2016-11-24 | Jam : 11:45:00 WIB | Dibaca : 743 kali.

Entrepreneur Fair adalah salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh BEC setiap tahunnya sebagai ajang pembelajaran mahasiswa BSI, agar mereka tidak hanya mengerti tentang teori ilmu kewirausahaan tetapi diharapkan mahasiswa terjun langsung menghadapi customer, persaingan, dan sebagainya.

Di tahun ini, BEC mengadakan Entrepreneur Fair serentak di semua cabang kampus BSI mulai dari tanggal 21 sampai 25 November 2016. Salah satu kampus yang mengadakan dan ikut memeriahkan Entrepreneur Fair adalah BSI Fatmawati. Dan kegiatan ini pun telah sukses diselenggarakan di pelataran kampus BSI Fatmawati yang berpetepatan di Jalan RS Fatmawati No. 24 Pondok Labu Jakarta Selatan.

Dari 4 kelas jurusan Manajemen Informatika yang ada di BSI Fatmawati ini menghasilkan 21 kelompok usaha yang beragam. Karena BSI Fatmawati mendapat jadwal Entrepreneur 2 hari, maka kelompok ini dibagi menjadi dua. Yaitu pada tanggal 21 November ada 10 kelompok dan sisanya pada tanggal 22 November.  Kebanyakan dari mereka menjual aneka makanan dan minuman. Dari makanan yang sedang hits saat ini, hingga makanan tradisional Indonesia seperti bir pletok.

Dikalangan mahasiswa dan mahasiswi kampus, makanan merupakan produk yang paling diminati karena BSI tidak menyediakan fasilitas kantin untuk mahasiswanya. Maka dengan adanya acara ini, mahasiswa lain atau bahkan dosen dan staff kampus bisa membeli makanan atau minuman yang di jajakan oleh para mahasiswa yang mengikuti kegiatan Entrepreneur Fair. Bukan berarti makanan atau minuman yang bisa dibilang paling laris, membuat mahasiswa yang menjual beberapa barang menjadi patah semangat. Karena beberapa diantaranya ada yang menjual handy craft, anti virus untuk laptop, dan percetakan. Mereka pun tetap semangat memasarkan produknya walau harus bersaing dengan kelompok yang menjual makanan.

Dokumentasi acara ini pun dikemas dengan cara yang sedikit berbeda. Pada hari pertama, semua kelompok membuat vlog untuk menceritakan bagaimana kesan –kesan mereka selama mengikuti kegiatan ini dan sekaligus mempromosikan produk yang mereka jual. Untuk hari kedua, semua kelompok membuat video Manequine Challange yaitu sebuah video yang menampilkan orang-orang yang layaknya sedang beraktivitas namun terhenti dan seakan akan mereka ikut berhenti tidak bergerak sama sekali seperti manequine atau patung. Kepala Kampus BSI Fatmawati yaitu Bapak Achmad Baroqah Pohan M.kom pun yang memandu langsung proses perekaman video Manequine Challange ini dan menghasilkan video yang bisa dilihat di Instagram @BSI_Fatmawati atau @KuliahBSIaja

Dengan berakhirnya acara ini, diadakan foto bersama dari setiap kelompok sebagai penutupan. Dan masing masing kelompok pun membawa x-banner produk mereka untuk foto bersama. Semoga acara ini tidak hanya semata-mata untuk memenuhi nilai mata kuliah Entrepreneur, tetapi bisa menanamkan dan mengembangkan potensi mahasiswa dalam dunia usaha. Karena sejatinya manusia tidak melulu ikut bekerja dengan orang lain, tetapi bisa menciptakan lapangan kerja itu sendiri.

Created by Rini Novita

 

Image 06