Bec News BEC BSI

5 Tips memulai bisnis

Terbit : 2016-11-16 | Jam : 12:11:28 WIB | Dibaca : 539 kali.

Jumlah pengangguran di indonesia tahun 2016 sebanyak 7jt jiwa sungguh begitu banyak bukan, yang mana pengangguran diakibatkan dari kurangnya lapangan pekerjaan di indonesia. Hal ini selayaknya menjadi perhatian untuk kita selaku warga negara indonesia.

Jika pemerintah tidak mampu untuk memberikan lapangan pekerjaan yang memadai, kenapa kita tidak turut serta dalam menciptakan lapangan pekerjaan untuk negeri ini. Dengan cara memulai berbisnis atau berwirausaha agar angka pengangguran di negeri ini dapat berkurang, setidaknya dengan anda berbisnis atau berwirausaha anda telah membuka lapangan pekerjaan untuk anda sendiri, dan anda telah membantu meringankan beban pemerintah untuk mengurangi 1 jiwa jumlah pengangguran di negeri ini.

Kebanyakan orang takut untuk memulai berbisnis apalagi dengan kondisi perekonomian yang sedang buruk-buruknya. Karna mereka selalu berpikiran negatif akan resiko yang dihadapi dikemudian hari. Takut bangkrut lah, takut tidak ada peminatnya lah, dan takut tidak bisa makan karna tidak memiliki uang. Hal ini memang wajar kita rasakan sebagai manusia yang memiliki rasa takut akan ke gagalan. Namun sampai kapan kita akan seperti ini, selalu takut akan sebuah tantangan. Ingat lah kawan akan firman tuhan :

“ Tuhan tidak akan menguji umatnya di luar batas kemampuannya”.

“Setiap manusia yang di lahirkan ke bumi sudah ada takdirnya”.

Maka dari itu apa salahnya kita mencoba dan berusaha untuk merubah takdir kita. Menjadi seorang pemimpin (BOS) untuk perusahaan kita sendiri. Kegagalan mungkin akan menghampiri kita di suatu hari nanti tapi ingatlah kawan KEBERHASILAN mu pun akan menghampiri kita layaknya roda berputar kadang kala di atas kadang kala di bawah. Itu semua sudah menjadi sebuah kelumrahan semata. Tinggal balik lagi ke diri kita masing-masing, bisa gak kita menghadapi cobaan yang tuhan beri kepada kita. Karna di balik cobaan pasti akan ada hikmah atau pelajaran yang bisa kita ambil untuk keberlangsungan bisnis kita.

Mau sampai kapan kita seperti ini terus, menjadi karyawan yang selalu di perintah-perintah oleh atasan kita. Tidakkah anda tergiur untuk merasakan menjadi atasan yang dapat pulang kerumah kapan pun kamu mau tanpa perlu ijin kepada siapapun, memiliki karyawan yang siap untuk anda beri perintah.

Pasti tergiur bukan maka dari itu Anda harus memiliki tekad yang kuat dan selalu berusaha, agar keberhasilan menghampiri anda. Berikut ini 6 tips untuk memulai bisnis Anda.

  1. Gairah (Kemauan)

Dalam setiap tantang, sedikitnya Anda harus mengetahui jika Anda ingin memulainya. Anda mungkin tahu beberapa ide bisnis, Tetapi Anda tidak akan sukses jika Anda tidak menyukai hal tersebut. Apa yang Anda suka, kebutuhan dan keinginan Anda ? yang pertama nilai lah apa yang ingin Anda jual, terlepas dari kerja keras yang menyertainya. Jika Anda suka kecantikan, maka juallah kosmetik, dan jika Anda suka kue kering maka jual lah kue kering. Ini merupakan salah satu hal yang perlu Anda ketahui untuk memulai bisnis dari hobi.

 

  1. Riset Pasar

Tidak ada keraguan bahwa ada banyak pengusaha di sekitar Anda menjual barang yang ingin Anda jual, sehingga Anda harus mempelajari dasar kewirausahaan dan inovasi. Pelajari tentang permintaan produk di daerah anda yang ingin Anda jual dan target pasar Anda. Apakah produk Anda sesuai untuk kalangan pemuda, setengah baya, atau keduanya. Demografi juga merupakan hal penting dalam ide bisnis karena dapat memberitahu Anda di mana dan kepada siapa Anda harus menjual produk Anda.

 

  1. Melakukan Promosi

Anda dapat menggunakan Media sosial seperti: Facebook, Instagram, Twitter atau YouTube untuk membangun pasar Anda dan memicu sebuah kata strategi mulut. Media online adalah langkah utama dalam kewirausahaan dan inovasi.

 

  1. Berhubungan dan Melayani

Sebuah ide bisnis kecil dapat menjadi lebih besar jika klien atau pelanggan akan datang kembali bukan hanya karena produk Anda, tetapi juga karena layanan Anda. Layanan pelanggan adalah hal yang penting untuk memajukan bisnis Anda. Apakah Anda melayani klien Anda secara online atau secara tatap muka. Selalu ada ruang bagi Anda untuk menghubungkan dan melayani dengan cara terbaik yang bisa Anda lakukan.

 

  1. Explore dan Do More

Sebuah ide bisnis kecil tidak boleh tinggal kecil tapi malah harus melampaui cakrawala. Kegagalan sedikit tidak lantas menghentikan langkah Anda.  Anda harus menggali ke mampuan wirausaha anda dan inovasi. Ingatlah untuk selalu memiliki keunggulan atas pesaing dan menawarkan penawaran yang unik dan produk yang akan menarik lebih banyak pelanggan.

 

Semoga berhasil kawan................

Karna Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

 

Image 06