Bec News BEC BSI

Saatnya mengubah PELUANG menjadi BER-UANG

Terbit : 2016-02-09 | Jam : 09:37:39 WIB | Dibaca : 932 kali.

Ketika seseorang berfikir bosan untuk jadi karyawan, pekerja, mahasiswa dll, maka tidak ada salahnya untuk berputar haluan menjadi wirausaha. Menjadi seorang wirausahawan sukses merupakan cita-cita bagi semua pelaku usaha. Namun semuanya itu tidak akan terwujud dengan mudah jika kita tidak memenuhi syarat menjadi seorang wirausaha yang sukses. Tidak akan ada kesuksesan tanpa adanya pengorbanan, sekecil apapun pengorbanan yang kita lakukan. Jangan pernah takut dengan kegagalan ketika kita baru saja memulai usaha. Yang terpenting dalam memulai usaha adalah rasa percaya diri dan teruslah untuk bermimpi. Sekarang ini banyak sekali orang yang memilih untuk membuka usaha sendiri, Mengapa? Salah satu faktornya tentu saja karena faktor kebutuhan hidup.

Menjadi seorang wirausaha mungkin bukan hal mudah, kita juga harus bersaing secara sehat dengan para kompetitor lainnya yang mengkin memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak dibanding dengan seorang pemula, namun jangan pernah berfikir bahwa hal ini akan menjadi sebuah hambatan untuk kita bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses. jatuh bangun dan  semua hasil ditentukan oleh usaha kita sendiri.  Bagi wisarausahawan jatuh bangun  adalah hal yang wajar, bahkan kerugian adalah salah satu paket yang akan kita dapat ketika kita memutuskan untuk berwisarausaha. Karena semua hal yang kita lakukan memiliki resiko, dan resiko adalah salah satu tantangan yang harus kita lewati. Sebaiknya untuk memulai bisnis, kita harus berfikir bagaimana membangun bisnis yang tak pernah mati.

Berbicara tentang bisnis yang tak pernah mati, ada 5 jenis yaitu bisnis Online, Bisnis sembako, Bisnis percetakan, Bisnis kreatif dan yang terakhir adalah bisnis kuliner.

Nah, disini akan saya bahas salah satu dari kelima jenis bisnis yang tak pernah mati yaitu bisnis kuliner. Sampai kapanpun berbisnis kuliner akan terus hidup dan berdiri karena pada dasarnya orang membutuhkan makanan untuk terus hidup. Nah, saatnya  mungkin kita bisa menglihkan pada  bisnis menggiurkan yang satu ini. Membuat bisnis kuliner bisa dibilang susah-susah gampang Karena semua tergantng dengan selera lidah masing-masing. Kita juga harus mendalami  hobi memasak yang tadinya hanya hobi kemudian bisa menjadi sarana bisnis yang efektif.

Seperti salah satu rekan saya yang juga menjadi seorang wirausaha muda yang bergerak dibidang kuliner, Ripan Karlianto adalah seorang alumni Bina Sarana Informatika (BSI) yang kini telah sukses menjadi seorang wirausaha muda di bidang kuliner.

Produk kuliner yang digelutinya saat ini yaitu Nasi goreng nanas atau yang biasa akrab dengan sebutan “NASGORNANAS”, berikut alasan beliau memberikan nama yang unik pada jenis usahanya tersebut pada saat wawancara.

“Pada rilis yang dikeluarkan CNN tahun 2011, Nasi goreng menempati urutan kedua masakan terlezat di dunia setelah rendang. Kita harus bangga, dan bisa menjadikannya peluang untuk berwirausaha. Dan selain menjadi masakan terlezat kedua di dunia, nasi goreng merupakan masakan khas indonesia asli. Siapa yang tidak tahu dengan makanan yang satu ini? Dimanapun kita berada, maka dengan sangat mudah kita akan menjumpai penjual “nasi goreng”. Namun yang sampai saat ini masih jadi pertanyaan adalah “kenapa sampai saat ini belum ada penjual nasi goreng yang menggunakan sistem yang baik?” Sebaik dan sekeren masakan cepat saji lainnya seperti ayam goreng di KFC,MCD,CFC,7 ELEVEN dan penjual – penjual ayam goreng lainnya, apa hanya ayam goreng saja yang bisa sebooming itu? Kenapa nasi goreng tidak?”. “Itulah beberapa alasan kenapa saya memilih nasi goreng dalam main business saya”.

Kenapa Nasgornanas?

“Memang nasgornanas bukan ide orisinil dari saya, ini adalah salah satu menu yang orangtua saya bawa dari tempatnya bekerja dulu. Beliau dulu sebagai head chef disalah satu restoran di Pondok Indah Mall. Secara internasional, nasgornanas dikenal dengan “Thai Fried Rice” karena ide awal menggabungkan nasi goreng dengan menambahkan nanas adalah dari thailand. Tapi tetap saja, nasi goreng adalah masakan khas indonesia, karena terbilang unik maka saya memilih brand “Nasgornanas”.

Di warung nasgornanas juga menyediakan aneka nasi goreng, mie goreng, bihun goreng, kwetiaw, capcay dll. Hal ini bertujuan selain memperbanyak variasi makanan, juga agar kesan “tukang nasi goreng pinggir jalan” tetap melekat sehingga kita semakin dekat dengan masyarakat. Sudah banyak investor yang ingin berinvestasi. Namun karena alasan penyempurnaan formula dan sistem, kita masih belum menerima semua investor yang menyodorkan dana”.

Itu merupakan salah satu contoh seorang wirausaha muda yang sukses, menjadi seorang wirausaha adalah sebuah pilihan, dan pilihan itu ada ditangan kita sekarang. semoga bisa menjadi inspirasi untuk kita.

Image 06