Bec News BEC BSI

12 Cara Melatih Bakat Bisnis Sejak Masih Muda

Terbit : 2015-08-11 | Jam : 15:25:11 WIB | Dibaca : 2319 kali.

Salah satu syarat mutlak untuk menciptakan kemakmuran bangsa Indonesia adalah dengan cara menciptakan wirausahawan/wati sebanyak-banyaknya dan tersebar di seluruh penjuru tanah air. Minimal 3-5% dari populasi penduduk Indonesia harus berwirausaha/mendirikan bisnis dan memperkerjakan jutaan orang dengan penghargaan dan gaji yang sangat layak…

barulah kita bicara kemakmuran di tanah air Indonesia. Sebelum mencapai 3-5%, maka insan bangsa ini masih terus fokus mencari pekerjaan, berebutpekerjaan yang disediakan oleh pemerintah dan segelintir wirausaha. Mari kita tengok tetangga-tetangga kita dan presentase jumlah wirausahawannya: Singapore (7%) dan Malaysia (3%). Mereka sudah lari depan kita. Lalu, India juga sudah mencapai 7%, Jepang (10%), China (7%), dan USA (12%). Kementrian Koperasi & UKM menyatakan pada April 2014 yang lalu, jumlah wirausaha di Indonesia meningkat menjadi 1,65%. Diharapkan pada 2014 ini jumlah wirausaha di Indonesia bisa mencapai 5 juta orang.

Oke, tidak perlu kita perdebatkan angka tersebut apakah akurat atau tidak, apakah cocok dengan realita di lapangan atau tidak. Tapi yang jelas, sebuah bisnis bisa diyatakan sehat dan berkembang adalah bisnis yang memenuhi aspek legal dan growth (pertumbuhan) yang jelas. Semoga mereka yang berada 1,65% tersebut termasuk conform dengan aspek-aspek tersebut. Kesimpulannya, Indonesia masih mendambakan kehadiran pengusaha-pengusaha muda yang potensial.

Siapa? Yaitu anda.

Nah, anda sebagai generasi muda dan memiliki api semangat yang menyala di kepala anda, sekarang saat yang tepat untuk memulai segalanya. Mulailah kehidupan anda sekarang menjadi calon enterpreneur sukses pilar kemahslahatan bangsa masa depan. Berikut tips untuk melatih intuisi bisnis sejak muda

1. Mulailah dengan cara berpikir anda. Mau jadi apa anda di masa depan, itu tergantung dari apa yang anda pikirkan sakarang, serta bagaimana anda memikirkan untuk mewujudkannya. You are what you think. Kualitas pikiran dan tindakan anda saat ini menentukan masa depan anda. Yuk bayangkanlah anda kelak akan menjadi seorang wirausahawan sukses, beromzet Milyaran Rupiah atau Jutaan USD per bulan; Memperkerjakan dan menghidupi ratusan atau bahkan ribuan karyawan Melakukan ekspansi bisnis sampai ke negara lain dan bahkan ke benua lain; Memiliki anak asuh ribuan jumlahnya; dan tentunya: Memiliki super family yang bahagia serta disayang Tuhan Yang Maha Penyayang. Bayangkanlah hal ini terus menerus tanpa henti, sampai anda mampu menumbuhkan keyakinan dan optimisme yang semakin membesar dari waktu ke waktu.

2. Pembentukan Karakter. Sejak sekarang, bentuklah karakter anda seperti berikut:

 Punya visi yang jauh kedepan, tidak sekedar melihat apa yang sudah terlihat saat ini, latihlah penglihatan yang mampu menembus masa depan

 Penyuka Tantangan (Challange Lover) dan kompetisi sehingga terlatih memunculkan The Power of Kepepet

 Pekerja Keras, Pekerja Cerdas, Pekerja Ikhlas

 Inovatif & Kreatif

 Terbiasa dengan perbedaan, dan

 Selalu berpikir positif

Sekedar informasi, berikut ini strategi jitu pemerintah Singapura membentuk karakter dan mindset bisnis rakyatnya, bahwa entrepreneurship bukan sekedar teori.

3. Tumbuhkan sense bisnis, dan tajamkan dari waktu ke waktu. Caranya? Baca No. 4 di bawah ini.

4. Latihan bisnis kecil-kecilan. Rasakan nikmatnya dan getirnya. Cobalah lihat dan amati peluang bisnis di depan mata. Lalu buatlah perencanaan sebisanya, gunakan sense-nya dulu. Jangan banyak teori dulu, yang penting Just Do It. Mulai yang kecil-kecil saja, agar modalnya tidak harus besar. Misalnya, menggarap kaos atau jaket kelas/angkatan, atau jualan makanan/snack di kampus, atau jualan online, dan sebagainya. Yang penting, cobalah semaksimal mungkin jangan mengganggu belajar/kuliah anda. Kemudian latihlah mental anda.Untung atau rugi, semua harus jadi guru terbaik. Gunakan tips pada artikel di bawah ini untuk melatih sense marketing anda.

5. Bekerja part-time. Hal ini juga bisa melatih intuisi anda ketika terlatih melayani konsumen atau ketika dikomplain konsumen. Pelajari dan hayati perjuangan si pemilik perusahaan di dalam mengembangkan bisnisnya. Jangan lihat gaji anda, tapi ambil peluang untuk belajar.

6. Perbanyak database ide bisnis. Luaskan wawasan tentang berbagai ide dan peluang bisnis. Jangan hanya terbatas pada lingkup lokal, harus berani menatap luas ke level nasional dan bahkan internasional. Silakan telurusi artikel berikut untuk melatih bagaimana mencari sebuah ide bisnis.

7. Bacalah buku sebanyak mungkin, terutama kisah-kisah sukses para wirausaha di Indonesia dan di dunia ini. Bacalah kisah mereka yang sudah sukses besar, dan mereka yang sedang merangkak sukses. Banyak orang muda di dunia ini yang hadir di kancah bisnis dengan ide-ide segar dan dinamis. Silahkan belajar dari seorang Saptuari Sugiharto, pemilik Kedai Digital, pada artikel di bawah inil. Bagaimana dia memulai dari bawah hanya dengan sebuah KEYAKINAN dan BERANI MEMUTUS URAT MALU.

8. Belajar tentang Business Plan, yup ini wajib anda pelajari dan pertajam. Pada No.4 anda sebisanya mulai bisnis. Tapi setelah bisnis anda sudah jalan, baik untung atau rugi, mulailah pelajari teorinya. Belilah buku atau cari di internet tentang Business Plan. Didalamnya ada aspek-aspek penting yaitu: Perencanaan Tim dan Produksi, Perencanaan dan pengelolaan Keuangan, Bagaimana caranya Marketing dan Penjualan, dan sebagainya. Pada artikel ini tidak dibahas Business Plan lebih dalam.

9. Pintarlah mencari teman, tapi bukan membeda-bedakan teman. Start membangun network pertemanan yang kuat dan positif. Jadilah siswa/mahasiswa yang aktif berorganisasi. Jangan cuma kuliah demi mengejar IPK 4,0 karena hal itu akan menghabiskan waktu yang seharusnya bisa untuk bersosialisasi dan mencari teman-teman orang hebat yang sudah sukses di dunia nyata. Kalau ketemu dengan orang sukses atau berpotensi sukses, pelajarilah kelebihan mereka. Jadikanlah hal-hal positif dari mereka menjadi inspirasi dan tantangan bagi anda. Hal ini akan membantu anda membuat gambaran anda di masa depan.

10. Selesaikan studi, minimal D3/D4/S1. Yep, yang ini pasti wajib. Tidak perlu diperdebatkan dan diulas lebih jauh.

11. Perdalam kemampuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Inilah senjata andalan anda di masa depan.

12. Kelak kalau mau kerja dulu sebelum berwirausaha, tidak salah lho… lalu cobalah cari peluang yang lebih luas di dunia nyata tempat kerja. Banyak pengalaman yang bisa jadi guru buat kita semua.

Image 06