Pendaftaran Entrepreneur Fair BSI Group 2017
[Informasi Pendaftaran Entrepreneur Fair 2017] Pendaftaran Entrepreneur Fair 2017 Diperpanjang Hingga dengan tanggal 8 Mei 2017 Pukul 23.59 WIB.

.:: Download Panduan Entrepreneur Fair BSI 2017 ::.

.:: Download Jadwal Entrepreneur Fair BSI & Nusa Mandiri 2017 ::.

.:: DAFTAR ENTREPRENEUR FAIR DISINI ::.

Beberapa Ciri bahwa Anda Sudah Siap Menjadi Seorang Pengusaha! | Kisah Sukses Andrie Wongso, Tidak Tamat SD Tapi Bisa Menjadi The No.1 Motivator Di Indonesia | Sukses, Bangkrut, Bangkit dan sukses kembali Donald J.Trump | Belajar Berwirausaha Bersama Sandiaga Uno | Jadwal Seminar Wajib Entrepreneur BSI Group April 2017 | Surat Edaran Seminar Wajib Entrepreneur 2017 Universitas BSI | Surat Edaran Seminar Wajib Entrepreneur 2017 | Ical Bakrie : Saya Sudah Dagang Layangan Sejak SMP | Banyak Ide Usaha Tetapi Bagaimana Memilih Yang Tepat | Wirausaha Dalam Pandangan Islam | Semangat Yang Paling Utama | Tips Memilih Tempat Usaha Yang Tepat | Kejarlah Kesempurnaan, Maka Kesuksesan Akan Mengikutimu !!! | Tiga Hal Yang Harus Dihindari Oleh Pengusaha | Tips Kaya Raya ala Bob Sadino | Masih Bingung Mau Bisnis Apa Sampai Sekarang? Ini Alasan Jasa Konsultan Bisa Jadi Ide Brilian! | 7 Mitos Seputar Memulai Usaha | 8 Tips Copywriting Agar Jualan Makin Laris | Career dan Entrepreneur Fair (CEF) BSI BEKASI 2017 | Inilah 3 Jenis Hobi Yang Bisa Menghasilkan Uang Untuk Anda | Poligami Bisnis. Halal, Namun Siapkah Anda? | AMASTA CAKES (Kuliner Khas Indonesia) | Wirausaha Sukses "ES DAWET HITAM" | Kuliah Saja Sudah Biasa, Kuliah + Berbisnis Baru Luar Biasa !!! | Inilah 3 Ide Bisnis Yang Tidak Akan Ada Matinya | Peran Dunia Pendidikan Dalam Menciptakan Peluang Entrepreneur Muda | PENGUMUMAN CEF BSI 2017 | KERJA SEUMUR HIDUP ATAU BERWIRAUSAHA? | Kisah Sukses Swalayan Islami TIP TOP | Yang Muda Peduli, Kreatif, dan Mandiri | Mengejar Kebahagiaan Lewat Berwirausaha | Indonesia Kenali, Cintai | Hal-hal yang Perlu Diingat !!! | Sobat mahasiswa? silahkan dibaca ^_^ | Tips Mudah Memulai Bisnis Rumahan Agar Sukses | Step 3 : Menjadi Wirausaha sukses, mulai dari mana? | Bisnis "Saung Sorosod" (Kuliner Khas Indonesia) | AMIK BSI Tampilkan Entrepreneur Fair - Belanja Seru Istimewa | Tips Penting dalam Memulai Usaha dengan Toko Online | [Step 2] Menjadi Wirausaha sukses, mulai dari mana? | LEWAT ENTREPRENEUR FAIR, AMIK BSI TANGERANG ASAH KEMAMPUAN MAHASISWA BERWIRAUSAHA | Entrepreneur Fair BSI Fatmawati | Apa Kewirausahaan Itu Penting Dalam Kehidupan Kita? | Sukses..? Gak Perlu Nunggu Tua | [Step 1] Menjadi Wirausaha sukses, mulai dari mana? | 5 Kesalahan yang Harus dihindari Ketika Memulai Bisnis Online (Onlineshop) | Apakah kalian tau, mengapa berbisnis itu sangat penting? | Cara Meraup Untung melalui Instagram | 5 Tips memulai bisnis | Kisah Sukses Wirausaha : Dapur Alazkha | Mengembangkan Entrepreneurship Mahasiswa | BSI Entrepreneur Fair 2016, Tempatnya Belanja Seru Istimewa | Pengusaha Muda Sukses "Aira Ketela Cript" | Pengumuman Jadwal Entrepreneur Fair BSI - UPDATE 18 NOV | Pengumuman Jadwal Seminar Wajib Entrepreneur BSI Okt 2016 | BSI Umumkan Pemenang Kompetisi Wiramuda 2016 | Pengumuman Finalis Wiramuda BSI 2016 | Workshop Kuliner dan Truemoney di Wisma BSI Yogyakarta | "Workshop Smart Care Preneur" Young and Rich Be Your Own BOSS Now | Belanja Seru Istimewa BSI Entrepreneur Center "BSI Entrepreneur Fair 2016 Kampus BSI Margonda" | Workshop Entrepreneur bertema Smart Care di Lobi Wisma BSI Yogyakarta | Workshop IT Prenenur di BSI Yogyakarta | FGD BSI Entrepreneur Center di Hotel Santika BSD | Pengumuman Pelaksanaan BSI & Nusa Mandiri Entrepreneur Fair | Seminar Young Entrepreneur Kampus BSI BSD || Yang Muda Peduli, Kreatif dan Mandiri | Memanfaatkan Perkembangan Teknologi dalam Berwirausaha (Technopreneur) | BSI Karawang Menyelenggarakan Seminar Entrepreneur | Jadwal Seminar Wajib Entrepreneur BSI 2016 | Panduan BSI & Nusa Mandiri Entrepreneur Festival | Surat Edaran dan Prosedur Seminar Wajib Entrepreneur BSI 2016 | Dari Martabak Ku Bangun Kesejahteraan Keluarga Ku | Saatnya mengubah PELUANG menjadi BER-UANG | Saatnya Kampus Dijadikan Basis Produksi Entrepreneur | Kiat Sukses Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2016 | BEC BSI Ajak Mahasiswa Kunjungan Home Industry | Career & Entrepreneur Fair BSI Selalu Eksis | Kampus BSI Kaliabang Menyelenggarakan Seminar Bisnisnya Siswa Indonesia | Universitas BSI Bandung : Ratusan Siswa SMA di Kota Bandung Siap Jadi Pebisnis | AMIK BSI Sukabumi : Sukses Menyelenggarakan Career and Entrepreneur Fair 2016 | Pasukan Habibie Jadi Pengusaha. | INFO : Pembukaan Pendaftaran Pelatihan dan Sertifikasi Profesi TIK Gelombang ke-2 TA 2016 | INFO : PPKD Jaksel Membuka Pelatihan dalam Rangka Menghadapi MEA | Jenis Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga | 14 Peluang Usaha Dengan Modal Kecil | Cara Gampang Menemukan Passion Anda | Mengembangkan Usaha Startup Lewat Sosial Media | AGENT OF CHANGE ON MEA 2016 | Sharing and Learning KelasKompas | 200 siswa SMK/SMA/MA dan Guru Pendamping siap jadi pengusaha muda | Membangun Kesiapan Sekolah Dalam Menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) | Training Motivasi UN AMIK BSI Tasikmalaya | AMIK BSI BOGOR SELENGGARAKAN SEMINAR BISNISNYA SISWA INDONESIA | BSI Ciptakan Teenpreneur Siap Hadapi MEA | Saatnya Jadi Pengusaha Sebelum Wisuda - BSI Bogor | Seminar Entrepreneur For All – Saatnya Jadi Pengusaha Sebelum Wisuda | Seminar Entrepreneur BSI Purwokerto 2015 | AMIK BSI Tegal mengadakan Seminar Entreprenuer jadi pengusaha sebelum wisuda | 3 Jenis Orang Yang Harus Dimiliki Dalam Bisnis | JADWAL SEMINAR WAJIB ENTREPRENEUR 2015 | TALK SHOW ORANG TUA, 1-17 OKTOBER 2015. "Bangun Silaturahim Internal Wujudkan Cita - Cita" | SEMINAR WAJIB ENTREPRENEUR 2015 | Tips Dari CEO Tokopedia : Bagaimana Menarik, Merekrut dan Me-maintain Talent di Indonesia | 12 Cara Melatih Bakat Bisnis Sejak Masih Muda | Entrepreneur Merah Putih dan MEA | Yuukkk Ikutan.. KOMPETISI BISNIS BSI 2015 | Tak Perlu Modal Tinggi Dan Bisa Dimulai Di Dapur Sendiri Untuk Kursus Memasak | Manfaat Besar Berbisnis Yang Berpegang Pada Prinsip Islam | Tips Berbisnis Dahlan Iskan untuk Mahasiswa | Belajar Bisnis dari Jesica Alba.. Ini Dia Tips nya.. | Usaha Kreatif Rumahan ? Silahkan di coba.. | 10 Rahasia Sukses Orang Jepang | Gaet Konsumen Wanita Dengan Cara Ini! | Pesta Wirausaha 2015 - Komunitas Tangan Di Atas | "Kepuasan Konsumen" dan "upaya mempertahankan pelanggan". | Memulai Bisnis, Kuncinya Segera Lakukan | Tips Memulai Bisnis Internet Untuk Mahasiswa | Yuukk Ikutan Career and Entrepreneur Fair BSI 2014 | Mendorong Pengusaha Muda BSI Menyongsong ASEAN Economic Community 2015 | Bisnis Kreatif Ala Mahasiswa Cikampek | Yuukk.. Ikutan Lomba Bisnis Plan BSI 2014.. GRATIISS..!! | Mahasiswa BSI Raih Penghargaan Piala Gubernur DKI Jakarta | KARIKATUR BERKARAKTER ATAS IMAJINASI KARYA | Melalui Inacraft 2011 Kita Kembangkan Produk Ekonomi Kreatif | HELLOMOTION "Siap Mencetak Generasi Kreator & Animator" | SCE (SHORT COURSE ENTREPRENEURSHIP) ANGKATAN 2 | Jakarta Promotion Modal 500 Ribu Omzet Puluhan Juta Perbulan | Semakin Berkibar menuju Layar Lebar | BSI Mencetak Mahasiswa Wirausaha Yang Peduli, Kreatif Dan Mandiri | DNA Jeans, Hasil Kerja Keras penuh Integritas. | Memanfaatkan Limbah Celana Jeans Di Sulap Menjadi Tas Cantik | Wujudkan Kreatifitas Karya Lelaki Sejati | Womenpreneur | Bisnis Coffee Yang Kian Semerbak | Meningkatkan Kemampuan Negosiasi | CMC Komputer - Pemasaran Elektronik Via Online dan dipermudah dengan cicilan | 12 Creative Production - Kreatifitas Tanpa batas | RUMAH BELAJAR PHINISI Besar dan Tumbuh Karena SAHABAT | ELFATA DIGITAL - Prestasi terbesar sebagai pencapaian Tujuan Hidup | Bisnis Jamur Tiram Bisnis Mudah, Murah, Untung Berlimpah | Mnenmukan Ide Usaha | Mimpi menjadi BOSS buat diri sendiri | Ada Wirausaha, Ada Lapangan Kerja | Pesta Wirausaha TDA 2013 - Pestanya Pengusaha Muda | Peluang Bisnis Refill Tinta | BSI Entrepreneur Center |

Bisnis Coffee Yang Kian Semerbak

Terbit : 2013-11-19 | Jam : 10:40:51 WIB | Dibaca : 2765 kali.


Bukan hal yang tabu jika kita memulai bisnis dengan cara ATM (Amati Tiru Modifikasi), salah satu dari sekian banyak pebisnis sukses yang menerapkan pola ATM tersebut adalah Iwan Agustian, awal beliau membangun bisnis Semerbak Coffee karena melihat animo pasar yang begitu besar terhadap bisnis minuman, ketika menyebut minuman kopi, mungkin di telinga kita sangat familiar dengan Starbuck Coffee, meskipun terbilang harganya cukup mahal, namun bagi kalangan menengah ke atas menjadi minuman kegemaran, bahkan menjadi gaya hidup bagi orang-orang di perkotaan.

Kopi, tentunya bukan minuman yang asing bagi Anda. Di pagi hari, sebelum beranjak ke tempat kerja, minuman ini biasanya sudah menjadi menu wajib sebelum sarapan. Atau ketika Anda di kantor, rasa kantuk begitu kuat menyerang, kopi dipilih untuk mengatasinya. Memang, banyak yang menyarankan untuk tidak sering mengkonsumsi kopi, tapi faktanya penggila minuman yang mengandung kafein ini tetap tinggi. Ditinjau dari sisi medis, kopi dapat merangsang pernapasan, kegiatan perut dan ginjal; membantu asimilasi dan pencernaan makanan; menurunkan sirkulasi darah di otak; serta menenangkan perasaan mental.

Saat ini, di Indonesia bisnis yang terkait dengan minuman kopi masih menunjukkan trend positif. Tengok saja, banyak coffe shop yang menawarkan minuman kopi murni maupun kopi blend dengan sederet layanan dan fasilitas tempat yang ditawarkan. Contohnya, Starbuck Cofee, Cofee Bean, dan lain-lain. Meski marak, namun, bisnis kopi ringan yang membidik kelas menengah ke bawah, belum begitu banyak dilirik. Hal inilah yang membuat Iwan Agustian dan Muadzin F. Jihad tercetus untuk membuka sebuah kedai kopi yang diberi label Semerbak Coffee. 

“Boleh dibilang, kami adalah satu-satunya pemain bisnis kopi ringan yang menggarap kelas menengah ke bawah,” ujar Iwan. Meskipun kemitraan atau franchise yang ditawarkan membidik kelas menengah ke bawah, tapi dengan melihat produk kopi yang dijajakan, kemungkinan produk ini juga disukai kalangan menengah ke atas. Terlebih lagi, cara penyajian Semerbak Coffee yang tak kalah dengan coffee blend mahal.

Kondisi demikian, secara tidak langsung ikut mendongkrak image perusahaan. Terlebih lagi Iwan memilih konsep kemitraan dalam pengembangan bisnisnya, keunikan produk dan kualitas layanan menjadi faktor penting. Model franchise yang Semerbak Coffee tawarkan cukup memikat. Hanya dengan biaya investasi yang rendah, yaitu Rp 7,5 juta, mitra telah mendapatkan satu buah gerobak (booth), beserta perlengkapannya seperti dispenser, blender, serta ice box dan bahan baku kopi 6 rasa (hazelnut, tiramisu, caramel, vanilla, chocolate, cappuccino) untuk 120 cups.

Selain itu, menariknya, franchisee bisa menjadi mitra Semerbak Coffee selama seumur hidup. Tak ada royalty fee seperti franchise pada umumnya. Tapi, pada bulan kelima, Semerbak Coffee akan meminta supporting fee sebesar 3,5% dari biaya pembelian bahan baku kopi si mitra. Iwan mengaku usahanya merupakan sebuah business opportunity yang low maintenance, low investment tapi high style & high profit.

Ternyata animo pasar begitu besar. Sebagai gambaran, di usianya yang baru menginjak 6 bulan ini, Semerbak Cofee yang awalnya hanya ada di Depok, kini telah memiliki 30 franchisee yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Bandung, Pekanbaru, Balikpapan, Makassar, Yogyakarta dan Surabaya. “Setiap hari kami dapat menghabiskan 30-40 cups,” tambah Iwan.

Sebagaimana lazimnya membuka sebuah bisnis, pemilihan lokasi menjadi salah satu faktor kesuksesan sebuah bisnis. Karena itu, Iwan menyarankan kepada calon franchisee agar memilih lokasi di tempat-tempat yang terhitung strategis. Seperti di perkantoran, dekat dengan ATM (anjungan tunai mandiri), mini market, kampus, perumahan, pusat perbelanjaan dan sebagainya.Sedangkan untuk luas tempat hanya dibutuhkan minimal sesuai ukuran counter (1 mx 1m)

Dalam konsep waralaba, keyakinan franchisee terhadap produk yang ditawarkan mutlak diperlukan. Untuk itu Iwan berharap agar tidak membeli kucing dalam karung. Artinya, pembeli harus mengetahu secara detail semua hal yang akan dilakukan saat kerjasama. “Sebaiknya jika ada yang tertarik menjadi mitra harus mencicipi rasa kopi Semerbak Coffee terlebih dahulu. Dengan cara membeli sample yang berisi enam rasa kopi yang telah dibungkus rapi seharga Rp 50.000,” ujarnya setengah berpromosi.

Untuk bahan baku, mengingat harga mesin pembuat kopi yang mahal, Semerbak Coffee sudah membungkus enam varian rasa kopi ringan yang akan dijajakan dalam bentuk sachet. Satu sachet untuk satu cup kopi. Sehingga, franchisee tinggal memblendernya saja, mudah dan praktis. Saat ini Semerbak Coffee telah mengantongi izin dari Dinas Kesehatan. Sementara untuk uji kehalalan, sedang dalam proses di LPPOM MUI.

Semerbak CoffeeDengan bahan baku yang telah di kemas dalam sachet, Iwan bisa mengontrol berapa banyak bahan baku yang ia pasok ke para franchisee. Dan mereka juga akan lebih mudah mengukur penjualan di gerainya. Satu cup Semerbak Coffee, untuk semua rasa dijual seharga Rp8.500-Rp 0.000. Padahal, dari Semerbak Coffee, harga per sachet kopi hanya Rp4.000 saja. Itu pun sudah termasuk harga cup dan tutupnya. Artinya keungtungan yang bisa diraup lebih dari 100%. Untuk harga, Iwan tak mematok harga pasti, karena setiap franchisee membayar harga sewa tempat yang berbeda, sehingga Iwan hanya mematok range harga seperti diatas.

Jenis kopi yang Semerbak Coffee gunakan merupakan jenis robusta yang berasal dari Lampung. Untuk pengadaan kopi, lanjut Iwan, pihaknya sudah memiliki bagian produksi sendiri yang berada dikawan Bogor. Semua bahan-bahannya merupakan produk lokal mulai dari kremer, susu, gula. Untuk pengiriman bahan baku, Iwan mengatakan, jika masih dalam wilayah Jabodetabek pihaknya akan diantar langsung sampai ke tujuan. Tapi jika diluar wilayah tersebut akan dikirimkan melalui paket.

Untuk bisa bergabung menjadi mitra Semerbak Coffee tidaklah sulit. Seperti di jelaskan diatas, calon mitra hanya perlu menyaiapkan modal, mengerti resiko bisnis, membeli bahan baku dari Semerbak Coffee, punya komitmen tinggi untuk berkembang bersama dan merelakan waktunya untuk mengontrol usahanya.

Sedangkan keuntungan bagi mitra adalah bisa memulai bisnis dengan modal kecil. Cocok bagi Anda yang baru ingin mulai berbisnis. Terdapat protect area yang telah diterapkan yaitu antara satu booth dengan booth lain haruslah berjarak minimal 1,5 kilometer. Dalam hitungan kasar Iwan, dalam waktu sebulan, seorang mitranya bisa meraup laba bersih sekitar Rp 1,3 juta.

Kedepannya, Semerbak Coffee akan mengembangkan produk dengan menghadirkan ginger coffee dan hot cokelat serta akan tampil dalam bentuk café. Ia optimis produk barunya tersebut akan bisa diterima pasar. Keberhasilanya dala mengembangkanSemerbak Cofee menjadi modal untuk pengembangan prosuk-produk selanjutnya. “Dalam membangun usaha yang penting ada kemauan. Jangan terlalu banyak menghitung dan berpikir. Yang penting ada modal dan tempat strategis, setelah itu langsung action,” pungkas Iwan sembari berbagi resep sukses

Indonesian Creative Entrepreneur Academy
Penerimaan Mahasiswa Baru BSI 2016